alexametrics

Penting! Kenali Gejala Covid-19 yang Menginfeksi Kucing Peliharaan

Filsa
Penting! Kenali Gejala Covid-19 yang Menginfeksi Kucing Peliharaan
Ilustrasi kucing. (Shutterstock)

Barangkali segelintir orang beranggapan bahwa virus Covid-19 hanya menginfeksi manusia saja. Namun, pernahkah kamu tahu bahwa Covid-19 juga bisa menyebar ke hewan? Terutama pada hewan peliharaan yaitu kucing.

Kucing adalah hewan yang sangat aktif bergerak. Terkadang hewan ini juga seringkali keluar rumah untuk mencari makanan tanpa sepengetahuanmu. Sama halnya dengan manusia, kucing jika terinfeksi virus Covid-19 akan menimbulkan gejala. Virus Covid-19 yang menyerang kucing tidak lebih berbahaya.

Kasus kucing yang terinfeksi Covid-19 ini tentu disebabkan oleh kontak dengan manusia yang sudah terlebih dahulu terpapar.Tak hanya itu, penularan lewat udara (droplet) juga bisa menyebabkan kucing terinfeksi virus ini.

Lalu, bagaimana caranya mengenali bahwa kucing terinfeksi virus Covid-19?

Sebenarnya, kucing yang terinfeksi Covid-19 tidak menunjukkan gejala signifikan di awal sejak mulai terpapar. Namun, jika terdapat gejala pun dapat bervariasi, meskipun penyebaran virus Covid-19 pada kucing terhadap manusia tergolong minim. Akan tetapi, perlu kamu ketahui gejala jika kucingmu terinfeksi Covid-19 sebagai berikut:

  • Demam.
  • Batuk.
  • Bersin.
  • Pilek.
  • Sesak napas.
  • Lesu, rasa malas yang tidak hingga terkadang tidak bisa bergerak.
  • Diare.
  • Muntah

Jika kamu menjumpai kucing terdapat gejala tersebut, segera bawa ke dokter hewan agar mendapatkan perawatan lebih lanjut. Pastikan kamu memeriksanya tetap menggunakan protokol kesehatan.

Dari gejala Covid-19 yang menginfeksi kucing, dapat dilihat bahwa gejala yang dialami hampir sama dengan manusia bukan? Oleh karena itu, untuk melindungi kucing peliharaanmu dari paparan virus Covid-19, jauhkan dari lingkungan sementara waktu. Jika kamu mengajak kucing keluar rumah, lakukanlah cara berikut:

  • Jauhkan kucing dari tempat keramaian seperti taman, pasar, dan tempat umum lainnya yang terdapat kerumunan orang.
  • Pastikan untuk selalu mengawasinya. Ingat, kucing adalah hewan yang aktif bergerak. Pastikan juga menjaga jarak kucing setidaknya 1-2 meter dari orang atau hewan lainnya.

Bagaimana jika kamu terinfeksi Covid-19 dan memiliki hewan peliharaan seperti kucing?

  • Yang pertama, sudah jelas kamu harus memisahkan diri dari interaksi orang lain. Termasuk juga kucing peliharaanmu, kamu harus menyuruh orang lain untuk mengurusnya.
  • Hindari membelai, memeluk, apalagi mencium.

Sebagai tambahan, jika kamu curiga kucing terinfeksi Covid-19, hal yang perlu dilakukan adalah membuat ruangan terpisah. Kenakan selalu masker dan sarung tangan jika hendak membersihkan kandangnya, sekaligus merawat si kucing.

Tempat makan dan minum kucing juga harus kamu bersihkan. Selalu cuci tanganmu dengan sabun ketika selesai merawat kucing.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak