alexametrics

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan saat Musim Pancaroba? Ini Tipsnya!

Filsa Brilliant
Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan saat Musim Pancaroba? Ini Tipsnya!
Ilustrasi olahraga (unsplash.com).

Saat musim pancaroba tiba, ketahanan imun tubuh kita sedang diuji. Apalagi ancaman virus Covid-19 yang membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk menghilangkannya. Pancaroba sendiri adalah fenomena gejala perubahan musim dari kemarau ke musim hujan ataupun sebaliknya.

Suhu bumi yang terkadang tak menentu setiap waktu menjadi peringatan bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan tubuh terutama daya tahan tubuh. Penyakit yang mengintai saat musim pancaroba pun bermacam-macam seperti tifus, demam berdarah, dan paling umum terjadi adalah flu.

Terkait hal itu perlu adanya kesiapan diri untuk tetap menjaga tubuh kita tetap sehat, bagaimana caranya? Berikut adalah 6 tips untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat saat musim pancaroba yang diulas dari sumber halo.

1. Selalu Mengonsumsi Makanan Bergizi

Jika menginginkan tubuh tetap sehat dan bugar, maka perlu juga mengonsumsi makanan yang mengandung gizi yang seimbang. Menyadur dari Harvard Medical School, para ilmuwan di sana mengakui dan membuktikan bahwa mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang dan menghindari makanan cepat saji.

Hal itu dikarenakan orang yang kekurangan gizi dapat dengan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, wajib hukumnya mengonsumsi makanan dengan kadar gizi yang seimbang.

2. Minum yang Cukup

Tips yang satu ini juga jangan sampai terlupakan. Meminum air yang cukup dapat membuat tubuh kita terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh dehidrasi. Kadar normal meminum air sekitar delapan gelas setiap hari.

Selain itu, juga harus menghindari minuman yang bersoda, tinggi gula, ataupun kafein. Minuman-minuman tersebut akan membuat mu merasa kembung dan akan mudah rentan terserang penyakit.

3. Tidur yang Cukup

Salah satu cara agar tubuh terlihat sehat saat musim pancaroba adalah tidur yang cukup. Menurut Harvard Health, jam tidur yang sehat adalah 7 hingga 9 jam setiap malam. Hal ini sangat penting untuk membuat tubuhmu rileks secara total dan mengembalikan syaraf-syaraf penting dalam tubuh saat bangun dan memperkuat sistem imun tubuh.

Adapun penelitian lain menunjukkan bahwa seseorang orang yang tidak produktif tidur dengan rentang waktu hanya satu jam setiap malam saja dapat membuat sistem kekebalan tubuh berkurang hingga 70 persen.

4. Mengelola Stres dengan Baik

Stres ternyata juga dapat memberikan efek yang besar bagi kekebalan tubuh kita. Terutama adanya ketidakpastian situasi dan kondisi saat pancaroba yang akan membuat kita merasa cemas dan stres.

Hilangkan rasa-rasa yang membuat kecemasan tersebut dengan mencoba hal yang membuat kamu rileks, contohnya seperti membaca, yoga, mendengarkan musik yang mellow, atau meditasi. Lakukan hal tersebut saat kamu memiliki waktu yang luang untuk menghindari stres.

5. Menjaga kebersihan diri dan Lingkungan

Ini juga tidak kalah pentingnya untuk menjaga tubuh kita tetap sehat. Lakukanlah hal yang membuat dirimu bersih setiap saat seperti halnya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik.

Mandilah saat tubuh mu merasa sudah tidak bersih lagi. Selain menjaga kebersihan diri, wajib juga untuk membersihkan kawasan lingkungan sekitar. Lakukan mulai dari hal yang kecil seperti membuang sampah pada tempatnya, selalu merapikan tempat kegiatan di rumah, dan membersihkan hewan peliharaan apabila memilikinya.

6. Rutin Berolahraga

Terakhir ini wajib banget, jika tips-tips sebelumnya sudah dilakukan tetapi yang terakhir ini tidak dilakukan maka percuma saja. Rutin berolahraga akan berfungsi untuk membakar defisit lemak dalam tubuh.

Jika tidak untuk olahraga yang berat lakukanlah olahraga yang sifatnya ringan seperti jogging, push up, dan sit up. Ada banyak manfaat saat kamu rutin berolahraga, contohnya akan mengurangi peradangan pada sel-sel dan melawan berbagai infeksi virus dalam tubuh. Selain itu, endorfin dari olahraga dapat mengurangi stres.

Itulah tips menjaga kesehatan saat musim pancaroba yang perlu kamu terapkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak