facebook

Harus Tepat, Ini 5 Cara Meredakan Sakit Sariawan Secara Alami

Afsal Muhammad
Harus Tepat, Ini 5 Cara Meredakan Sakit Sariawan Secara Alami
Ilustrasi Sariawan. (Pexels).

Mengatasi sariawan bisa dilakukan dengan sejumlah cara. Akan tetapi, banyak langkah yang malah membuat penyakit itu semakin parah. Oleh sebab itu, kita harus mempelajari metode yang tepat.

Biasanya sariawan terlihat seperti luka berwarna putih yang tepiannya berwarna kemerahan. Kondisi ini bisa muncul di bibir, gusi, lidah, atau di pipi dalam. Sariawan adalah penyakit yang bisa diderita siapa saja, mau anak kecil atau orang tua.

Meskipun demikian, sariawan biasanya bisa hilang atau sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Biasanya antara 1 atau 2 minggu saja. Dengan demikian, tidak ada cara khusus dalam proses perawatannya. Namun, agar bisa mempercepat pemulihan perlu cara yang tepat untuk mengatasi sariawan.

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan agar bisa memulihkan sariawan dengan cepat dikutip dari Alodokter.. Cara ini tergolong mudah karena bisa dilakukan di rumah dan alatnya pun bisa didapatkan di mana saja. Di antaranya:

1. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam bisa membuat efek perih di bibir. Tapi, cara ini cukup efektif untuk mengatasi bibir kamu yang sariawan. Air garam berguna untuk membasmi bakteri, mengurangi peradangan, serta merangsang pemulihan jaringan gusi, lidah, bibir, dan mulut yang terinfeksi.

Langkahnya sangat mudah, kamu tinggal mencampurkan setengah cangkir air dengan 1 sendok makan garam. Kemudian, berkumur selama 15-30 detik. Langkah itu harus kamu ulangi setiap beberapa jam apabila dibutuhkan.

2. Jangan Makan Santapan Asam, Pedas, dan Keras

Ketika sariawan, kamu jangan memakan santapan yang berpotensi meninggalkan luka atau iritasi di bibir. Hal ini bisa memperparah sariawan kamu. Contohnya, memakan makanan yang terlalu asin, pedas, dan asam. Juga, jangan makan makanan keras, seperti keripik. Itu bisa melukai sariawan.

3. Rajin Bersihkan Mulut

Rajin membersihkan mulut bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi bibir kamu yang sariawan. Dengan menyikat gigi dua kali sehari akan membuat potensi sariawan berkurang. Cobalah untuk menggunakan sikat gigi yang halus. Tapi, kalau malah perih, kamu bisa coba menggunakan obat kumur, namun hindari yang mengandung alkohol.

4. Olesan Madu

Olesan madu pada bibir yang sariawan dipercaya bisa mengurangi nyeri dan ukuran sariawan. Seperti yang kita ketahui, madu memiliki sifat antibakteri dan antidarang yang berguna untuk mengatasi sariawan. Kamu bisa mengoleskan madu di tempat sariawan sebanyak 3 sampai 4 kali sehari. Mudah, bukan?

5. Kompres dengan Es Batu

Sariawan biasanya bikin nyeri ketika makan, minum, atau berbicara. Mengompres sariawan dengan es batu dipercaya bisa mengurangi nyeri tersebut walaupun untuk sementara waktu. Caranya kamu tinggal mengisap es batu hingga nyeri itu bisa hilang.   

Itulah, beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa menyembuhkan atau mengatasi sariawan. Tetap jaga kebersihan dan pola hidup sehat agar bisa terhindar dari penyakit dan bisa beraktifitas dengan leluasa.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak