facebook

Punya Banyak Jenis, Ini Ragam Manfaat Yogurt untuk Tubuh!

Desyta Rina Marta Guritno
Punya Banyak Jenis, Ini Ragam Manfaat Yogurt untuk Tubuh!
Yogurt (Pixabay) / 이동원 lee

Yogurt adalah salah satu makanan yang terbuat dari fermentasi susu. Untuk membuat yogut dapat digunakan jenis susu apa saja, tapi pada umumnya terbuat dari susu sapi. Rasa alami susu adalah asam, tetapi sekarang banyak beredar produk yogurt kemasan yang menyediakan berbagai macam varian rasa seperti, coklat, vanilla, dan buah-buahan. 

Mengutip dari laman Wikipedia, yogurt dibuat melalui proses fermentasi menggunakan bakteri asam laktat pada temperatur yang sesuai. Bakteri mengubah gula pada susu dan melepaskan asam laktat sebagai produk sisa. Asam yang meningkat tersebut menyebabkan protein pada susu mengalami denaturasi. Itulah yang menyebabkan tekstur yogurt menjadi padat. Bagi Anda yang mengalami alergi terhadap laktosa, sebaiknya berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi yogurt.

Mengutip dari laman Alodokter, yogurt kaya akan kandungan probiotik yang baik untuk sistem pencernaan manusia. Selain itu, di dalam yogurt juga terdapat vitamin B12, B2, D, kalsium, dan fosfor. Dengan kandungan nutrisi yang kaya, yogurt memiliki banyak manfaat. Misalnya menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan baik untuk anda yang sedang menjalani program diet.

Tahukah Anda jika yogurt memiliki banyak jenis? Mengutip dari laman SehatQ, berikut beberapa jenis dari yogurt!

1. Yogurt tradisional

Teksturnya cenderung lebih cair dan lembut dengan rasa asam yang khas. Yogurt jenis ini kaya akan kandungan kalsium.

2. Greek yogurt

Teksturnya lebih padat dengan rasa susu yang dominan. Greek yogurt kaya akan protein namun rendah gula dan karbohidrat.

3. Kefir

Teksturnya cair, mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan.

4. Yogurt rendah lemak

Yogurt jenis ini baik dikonsumsi untuk yang sedang menjalani program diet atau untuk mengontrol berat badan.

Yogurt biasa dikonsumsi secara langsung, tapi jika bosan dapat juga dijadikan berbagai olahan lezat lain. Olahan terkenal yang terbuat dari yogurt adalah smoothie, terbuat dari buah-buahan yang diblender bersama susu atau yogurt, lalu disajikan dalam keadaan dingin. Selain segar dan lezat, smoothie juga menyehatkan tubuh.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak