alexametrics

Inilah Alasan Mengapa Perempuan Harus Berpendidikan, Cantik Aja Gak Cukup!

Nurita Komara
Inilah Alasan Mengapa Perempuan Harus Berpendidikan, Cantik Aja Gak Cukup!
Ilustrasi Perempuan Membaca Buku (dok.Unsplash/Mateus Campos)

Seorang perempuan dituntut harus pandai dalam berbagai bidang, tak hanya pandai dalam urusan keluarga, mengelola keuangan, bahkan harus pandai dalam menilai gejala sosial yang terjadi di lingkungan sekitar. Perempuan yang berpendidikan mampu membedakan mana hal baik yang perlu diikuti, dan mana yang perlu dijauhi. 

Fenomena yang terjadi belakangan ini banyak perempuan yang hanya mengutamakan paras dibanding pengetahuan, padahal pengetahuan jauh lebih penting. Pemikiran bahwa pendidikan tinggi hanya dapat didapat di bangku kuliah sebenarnya bisa di garis bawahi. 

Sebetulnya perempuan bisa mendapatkan pengetahuan di luar bangku kuliah, sejalan dengan perkembangan teknologi dan informasi yang makin canggih membuat apapun informasi yang dibutuhkan dapat diakses dengan mudah. Salah satunya dengan memanfaatkan media online seperti pencarian di internet, media massa, media sosial, jurnal online, dan media lainnya. 

Inilah 5 alasan mengapa perempuan harus berpendidikan: 

1. Perempuan adalah madrasah pertama bagi anaknya

Bagi perempuan yang memutuskan untuk menjadi Ibu, secara tidak langsung dia menjadi madrasah pertama untuk anaknya. Sebelum menerima pendidikan dari sekolah formal, seorang Ibu akan menjadi guru pertama yang mendidiknya.

Jika guru pertama yang mendidiknya memiliki pengetahuan yang luas, maka anak tersebut telah memiliki dasar yang kuat sebelum terjun pada pendidikan formal. 

2. Menjadi tempat untuk saling bertukar pikiran

Seseorang yang memiliki pengetahuan yang luas menjadi tempat yang baik untuk saling bertukar pikiran. Apalagi jika kamu memiliki ketertarikan yang sama terhadap sesuatu yang pasanganmu juga menyukainya. Pengetahuan yang luas merupakan modal utama sebuah percakapan yang berkualitas. Jika pengetahuanmu kurang, pasangan akan bingung saat meminta solusi untuk memecahkan suatu permasalahan. 

3. Meningkatkan strata ekonomi 

Perempuan dengan pengetahuan yang luas memiliki pemikiran yang sedikit lebih maju, terutama dalam bidang keuangan. Biasanya mereka cenderung kritis dalam mengelola keungan, jika keuangan sedang tidak stabil, maka dengan kemampuan serta pengetahuan yang dia miliki menjadikan sebuah modal untuk menghasilkan rupiah. Contohnya dengan memulai sebuah bisnis yang bisa dikerjakan di rumah; berjualan online, menulis artikel, membangun sebuah website, dan masih banyak lagi peluang yang menghasilkan uang. 

4. Dapat mengikuti perkembangan jaman 

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju membuat perubahan yang signifikan terhadap kondisi sosial. Jika kamu minim pengetahuan dan kurang mengikuti tren yang sedang terjadi, kamu akan tertinggal. Sebagai salah satunya, dengan memanfaatkan media online seperti media massa kamu bisa mendapatkan informasi terbaru tentang peristiwa yang sedang terjadi. 

Seperti halnya sekarang, negeri kita sedang dilanda pandemi yang sangat menyulitkan semua orang. Tentu banyak informasi terbaru yang harus kamu perbaharui. 

5. Tidak mudah dibohongi 

Perempuan yang memiliki pengetahuan yang luas tidak akan dengan mudah dibohongi, contoh sederhananya ketika kamu melihat berita di media, sebelum kamu menyebarkannya kepada orang lain, terlebih dahulu kamu akan mencari kebenaran dari berita tersebut. Karena fenomena yang banyak terjadi sekarang adalah banyaknya oknum yang menyebarkan berita bohong atau hoaks seputar Covid-19, akibatnya banyak masyarakat yang menjadi panik dan cemas berlebih. Dengan kamu mampu menyerap berita terlebih dahulu kamu tidak mudah dibohongi. 

Itulah 5 alasan mengapa perempuan harus pintar dan berpendidikan. Kamu bisa belajar dari hal-hal yang sederhana dulu dan memanfaatkan banyak media untuk belajar. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak