alexametrics

4 Alasan Kamu Mudah Overthinking Tentang Masa Depan, Kurang Percaya Diri

Rizki Putra
4 Alasan Kamu Mudah Overthinking Tentang Masa Depan, Kurang Percaya Diri
Ilustrasi overthinking (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Overthinking adalah kondisi seseorang yang memikirkan sesuatu secara berlebihan. Ini terjadi karena mengalami permasalahan atau merasa keraguan tentang pilihan masa depannya.

Kalau kamu mengalami overthinking terhadap masa depan, sebaiknya harus dihentikan karena bisa buatmu tidak berkembang. Bagaimanapun juga, sebaiknya mengambil langkah daripada terus-menerus memikirkannya. Maka dari itu, simak 4 alasan kamu mudah overthinking tentang masa depan, agar bisa segera menyikapinya.

1. Tidak memiliki rasa percaya diri dengan kemampuanmu

Setiap orang memiliki kemampuannya masing-masing. Namun, terkadang selalu overthinking bahwa hasil kerjanya tidak memuaskam bagi diri sendiri maupun orang lain.

Hal ini yang membatasi diri sendiri untuk terus eksekusi mencapai tujuan dalam hidup. Tentunya, kamu harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi, walaupun hasilnya tidak memuskan, setidaknya kamu bisa bangkit lagi dari kegagalanmu.

2. Berhenti di satu titik saja

Mungkin, kamu telah merealisasikan sesuatu hal agar mencapai tujuan yang ingin kamu raih. Seiring berjalannya waktu, kamu berhenti di satu titi sajak. Bisa saja alasannya merasa jenuh, terlalu banyak masalah ketika mengerjakannya, bahkan rasa malas yang menyelimutimu.

Maka dari itu, kamu terlalu overthinking lantaran terlalu mudah menyerah atau teralihkan pikiranmu dengan hal yang tidak berguna. Sebaiknya, memberanikan diri dan tingkatkan rasa keingin tahuanmu atas sesuatu hal. Sehingga, seberat apapun rintangannya, pasti kamu akan terus memperjuangkan memperoleh cita-citamu.

3. Terlalu banyak istirahat dibandingkan berusaha

Setiap orang pasti memiliki energi bekerja yang berbeda-beda. Ketika sudah merasa lelah, memang sebaiknya segera beristirahat supaya bisa kembali fresh memulai aktivitas.

Namun, apa jadinya kalau malah terlalu banyak istirahat? Pasti menghambat pekerjaanmu, sehingga usahamu lebih kecil dan hasilnya tidak maksimal. Karena hasil yang diperoleh tidak memuaskan, kamu jadi overthinking terhadap masa depan.

4. Selalu berpikir negatif soal ketidak pastian masa depanmu

Setiap orang tahu bahwa masa depan memiliki sifat yang misterius. Namun, di dalam pikiranmu yang hanya kamu tanamkan selalu hal negatifnya saja. Tidak heran kalau kamu selalu overthinking soal masa depanmu.

Kalau kamu mau belajar dan terus eksekusi, pasti kamu akan menemukan kesuksesan yang kamu cita-citakan. Makanya, jangan selalu berpikiran negatif, lebih baik terus melakukan aksi nyata.

Walaupun masa depan terlihat misterius, tapi jangan overthinking menyikapinya. Sebaiknya, harus konsisten disetiap hal yang kamu kerjakan, supaya mendapatkan hasil yang ingin kamu capai.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak