facebook

5 Alasan Pasangan Menyembunyikan Masalahnya, Tak Selalu Berniat Buruk!

Xandra Junia Indriasti
5 Alasan Pasangan Menyembunyikan Masalahnya, Tak Selalu Berniat Buruk!
Ilustrasi Pasangan Menolak Bercerita (freepik)

Bersikap jujur dan terbuka merupakan hal penting yang harus diterapkan saat kamu menjalani hubungan asmara. Namun, tidak sedikit orang mengaku sulit untuk melakukan hal tersebut hingga membuat pasangannya curiga.

Padahal menolak bercerita tidak selalu berniat buruk, lho. Seperti halnya poin di bawah ini, dimana merupakan alasan-alasan mengapa pasangan sering menyembunyikan masalahnya darimu.

Berikut 5 alasan pasangan menyembunyikan masalahnya:

1. Ingin Melupakan Masalah Tersebut

Jika pasangan selalu menyembunyikan masalahnya darimu, menandakan bahwa ia ingin melupakan hal tersebut. Untuk itu, kamu dilarang terus-terusan mengajukan pertanyaan karena dapat memperburuk suasana hatinya.

Lebih baik hibur pasangan dengan mengirimkan hal-hal lucu atau melakukan aktivitas seru bersama. Jadi, kamu bisa membantunya untuk melupakan masalah yang tidak ingin ia ceritakan tersebut.

2. Tidak Ingin Menambah Beban Pikiranmu

Alasan pasangan sering menyembunyikan masalah lainnya adalah karena tidak ingin menambah beban pikiranmu. Terlebih jika sebelumnya kamu pernah bercerita sedang stres. Ia tentu takkan tega melihatmu ikut memikirkan sesuatu yang tengah dihadapinya.

Oleh karena itu, ia memilih untuk memendam masalah dan mencari solusinya sendiri. Perlu diingat bahwa keputusan ini bukan karena ia tak menghargaimu sebagai pasangan. Ia hanya tidak ingin menambah beban pikiranmu yang sudah berat.

3. Bisa Menghargai Privasi

Ruang pribadi dibutuhkan dalam tiap hubungan asmara agar bisa semakin harmonis. Maka, saat pasangan sering menyembunyikan masalah, menandakan bahwa ia ingin kamu menghargai privasinya. Mirip seperti apa yang pernah ia lakukan padamu.

Jangan pernah memaksa pasangan untuk bercerita dan ketika ditolak kamu menjadi ikut-ikutan marah. Situasi seperti ini justru semakin membuatnya merasa terbebani serta menganggapmu sebagai sosok yang tidak bisa pengertian.

4. Takut Kamu akan Mengungkitnya

Alasan pasangan sering menyembunyikan masalah karena takut kamu akan mengungkitnya. Hal ini seolah menjadi bumerang yang bisa menyerangnya di waktu mendatang. Dimana dapat membuatnya kembali mengingat sesuatu yang seharusnya tidak perlu.

Biasanya alasan ini dipakai usai mengetahui sikapmu yang sering mengungkit kesalahannya tiap ada pertengkaran dalam hubungan. Oleh karena itu, pasangan lebih memilih untuk menyembunyikannya ketimbang harus bercerita.

5. Memiliki Trust Issue

Trust issue adalah hilangnya rasa percaya seseorang pada orang lain yang disebabkan oleh pengalaman buruk di masa lalu. Misal, dikhianati atau dibohongi. Nah, pasanganmu bisa saja memiliki hal ini dalam dirinya.

Oleh karena itu, ia memilih untuk menyembunyikan masalahnya darimu karena khawatir kejadian buruk tersebut terulang kembali. Jika memang benar adanya, berikan waktu sampai ia siap dan bisa bercerita lagi. 

Itulah lima alasan mengapa pasangan menyembunyikan masalahnya darimu, dimana tidak selalu ada niat buruk. Maka dari itu, coba hindari pikiran negatif terhadapnya dan jangan pernah memaksanya untuk bercerita, sampai ia sendiri merasa siap.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak