facebook

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Coba Hidup Merantau, Belajar Bertanggung Jawab

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
5 Alasan Mengapa Kamu Harus Coba Hidup Merantau, Belajar Bertanggung Jawab
ilustrasi pergi merantau.[pexels.com]

Bagi sebagian orang, hidup merantau adalah hal yang menakutkan dan selalu dihindari. Penyebab utamanya adalah takut jauh dari keluarga, teman, sahabat, ataupun orang terdekat lainnya, sehingga kurangnya rasa mandiri dan tanggung jawab pada diri sendiri. Padahal, merantau akan memberikan berbagai manfaat penting untuk kehidupan.

Apa saja manfaat tersebut? Simak ulasan berikut.

1. Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab dan Kemandirian dalam Hidupmu

Tinggal bersama orang tua mungkin menjadi zona nyaman yang berat untuk kamu lepaskan. Akan tetapi, jika kamu terus - terusan bergantung hidup dengan orang tuamu, maka akan sulit bagimu untuk hidup mandiri nantinya, terlebih jika kamu telah berkeluarga.

Ketika kamu pergi merantau, semua hal yang berkaitan dengan kehidupanmu, seperti tempat tinggal, uang, makanan, dan pekerjaan menjadi tanggung jawabmu sendiri tanpa campur tangan dari orang tua. Dengan begitu kamu akan menjadi pribadi yang lebih mandiri dan bertanggung jawab.

2. Kamu Akan Bertemu dengan Orang - orang Baru

Selain kemandirian, merantau juga akan membawamu ke zona pertemanan yang lebih luas. Kamu akan banyak bertemu dengan orang - orang baru dari berbagai suku dan daerah yang akan membuat hidupmu menjadi lebih berwarna.

3. Kamu Akan Memiliki Pola Pikir yang Lebih Maju

Terlalu lama berada di zona nyaman akan membuat pemikiranmu menjadi sempit. Selain itu cara berpikirmu juga terlalu idealis serta egois, karena belum banyak bertemu dengan orang - orang serta suasana lingkungan yang berbeda dengan zona nyamanmu. Di saat kamu merantau, maka akan banyak pengalaman hidup baru yang  kamu dapatkan baik di rumah, lingkungan, maupun ditempat kerja. Dengan begitu pola pikirmu juga akan menjadi lebih maju.

4. Kamu Akan Memiliki Daya Juang yang Lebih Tinggi

Daya juang ini berkaitan dengan kekuatan mental. Berbagai pengalaman hidup yang kamu dapatkan saat merantau nantinya akan ikut menempa kekuatan mentalmu. Kamu tidak akan mudah goyah dalam mempertahankan prinsipmu, serta tidak mudah lelah untuk memperjuangkan harapan dan cita - cita yang telah kamu impikan selama ini.

5. Kamu Akan Mendapatkan Peluang Kerja Sesuai Profesi yang Lebih Tinggi

Terkadang kita kewalahan dalam mencari pekerjaan di daerah kita sendiri, yang ujung - ujung nya beralih ke pekerjaan yang tidak sesuai dengan profesi. Hal itu akan menghambat karir profesimu, dengan merantau ke daerah yang lebih maju akan memberikan peluang kerja sesuai profesi yang lebih tinggi. 

Itulah 5 alasan mengapa kamu harus berani hidup merantau. Siapa tahu nantinya kamu akan mendapatkan jodoh di tanah perantauan. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak