facebook

4 Tips Menghadapi Wawancara Kerja, Dijamin Jitu dan Antigugup!

Taufan Rizka
4 Tips Menghadapi Wawancara Kerja, Dijamin Jitu dan Antigugup!
Ilustrasi wawancara kerja.[Pixabay.com]

Wawancara kerja merupakan tahapan yang paling penting saat proses rekrutmen kandidat yang melamar di suatu perusahaan. Wawancara kerja dilakukan setelah melalui proses screening CV secara ketat oleh HRD perusahaan. Tentunya proses screening CV harus memakan waktu yang cukup lama dalam menjaring kandidat.

Dalam proses screening CV tentu tidak bisa asal sembarang seleksi kandidat. Harus mempertimbangkan berbagai aspek yang dibutuhkan perusahaan. Sehingga bisa didapatkan kandidat yang benar-benar sesuai kualifikasi yang akan dipanggil wawancara kerja.

Tentunya wawancara kerja merupakan tahapan yang sangat ditunggu-tunggu oleh pencari kerja. Waktu dibutuhkan sangat lama dalam panggilan wawancara kerja. Biasanya memakan waktu 2 minggu bahkan hampir  1 bulan. 

Bahkan para pencari kerja harus menelan pil pahit saat nama pencari kerja tidak dipanggil sama sekali oleh pihak HRD. Namun jangan putus asa terlebih dahulu. Masih banyak perusahaan yang bisa dilamar, karena tidak hanya terpaku pada 1 perusahaan saja.

Sembari melamar kerja pada berbagai perusahaan, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan wawancara kerja. Agar pada saat pencari kerja mendapatkan panggilan wawancara kerja, pencari kerja siap untuk menghadapi wawancara kerja. 

Jika tidak mempersiapkan diri untuk wawancara kerja, maka anda akan kesulitan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pihak HRD ataupun user. Maka otomatis kesempatan emas yang anda dapatkan akan terbuang sia-sia.

Tapi tenang. Berikut ini 4 cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi wawancara kerja.

1. Mempelajari CV dan Jobdesc yang Dilamar

Saat Anda mendapatkan panggilan wawancara kerja, Anda harus mempelajari CV yang telah anda kirimkan pada tim rekrutmen. Dan juga perlu untuk mempelajari jobdesc pada bidang yang anda lamar untuk mengetahui sejauh mana yang anda ketahui tentang jobdesc yang anda lamar.

2. Bertanya Kepada Teman 

Tak ada salahnya untuk bertanya kepada teman atau siapapun dalam mempersiapkan wawancara kerja. Sebab teman anda pun juga memiliki pengalaman dalam wawancara kerja. Dengan begitu anda bisa mendapatkan banyak informasi mengenai seluk beluk wawancara kerja.

3. Jangan Grogi Tetap Tenang

Saat mendekati hari menjelang wawancara kerja, biasanya akan mengalami grogi ataupun panik. Namun tak perlu grogi dalam menghadapi wawancara kerja. Anda fokus berlatih simulasi wawancara kerja. Bisa anda simulasi tersebut dengan teman ataupun saudara anda.

4. Berdoa Kepada Tuhan

Setelah mempersiapkan wawancara kerja dengan matang, jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan. Dengan berdoa kepada Tuhan, niscaya anda akan mendapatkan kemudahan dan diberi kelancaran dalam menghadapi wawancara kerja.

Demikian 4 cara menghadapi wawancara kerja. Selamat mencoba dan semoga anda bisa menghadapi wawancara kerja dengan baik dan mendapatkan pekerjaan yang anda impikan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak