alexametrics

Penguatan Kendali Pemerintah untuk Menekan Peredaran Obat Ilegal

Devi Dwi Rahayu
Penguatan Kendali Pemerintah untuk Menekan Peredaran Obat Ilegal
Ilustrasi obat. (Pixabay)

Maraknya peredaran obat ilegal di Indonesia diyakini kalau masih lemahnya pertahanan Indonesia dari tindak kejahatan di bidang kesehatan yang dimana bisa merugikan warga. Apabila perihal ini tidak diberlakukan upaya penegakan hukum yang tegas serta memberikan dampak jera untuk para pelaku, sama saja dengan membiarkan kejahatan berkembang di tengah warga, serta merendahkan martabat, dan harga diri bangsa di mata dunia.

Salah satu permasalahan ditemui bahwa diamankan seorang pria berinisial RA yang sudah mengedarkan sediaan farmasi tanpa izin edar yang legal. Kasat Narkoba Polres Cirebon, Iptu Muhammad Ilham menarangkan bahwa penangkapan tersangaka nama samaran RA, bersumber pada data dari warga pada Kamis, 13 Agustus 2020 dekat jam 20. 30 WIB di Jalan. Kalibaru Utara, Kp. Kegiren, Kel. Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. Setelah itu, ditemui bukti berupa 2 buah HP, Kapsul tipe dextro sebanyak 1. 900 kapsul tipe Trihex dibungkus, kapsul tipe tramadol Hcl sebanyak 100 butir serta uang hasil penjualan Rp. 90. 000. Pemberlakuan sanksi pidana sesuai pasal 196 Jo Pasal 197 UU RI Nomor. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Peran pemerintah sangat diperlukan untuk melindungi warga lewat pengawasan pre-market dan post-market. Pengawasan pre-market melalui upaya pemberian izin edar. Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 1010/ MENKES/ PER/ XI/ 2008 tentang Registrasi Obat, jika tiap obat yang tersebar di Indonesia wajib mempunyai izin edar. Setelah itu, pengawasan post-market melalui:

a) Pengambilan ilustrasi serta pengujian;

b) Kenaikan cakupan pengawasan fasilitas penciptaan serta distribusi obat;

c) Investigasi dini serta penyidikan permasalahan peredaran obat tanpa izin edar.

Tidak hanya itu, upaya kenaikan pengawasan oleh pihak pemerintah berkolaborasi dengan warga. Diharapkan warga bisa melaporkan serta ikut mengawasi peredaran obat ilegal di pasaran. Setelah itu, pelaporan hasil pemantauan penciptaan serta peredaran obat yang tidak bermutu bisa lekas ditilik serta diproses secara hukum dengan cepat serta tepat oleh pihak aparatur hukum sebagai bagian dari penegakan hukum di bidang kesehatan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak