facebook

Profil Mochtar Riady, Pendiri Lippo Group yang Mendapat Julukan The Magic Man of Bank Marketing

Putri Ayu Nanda
Profil Mochtar Riady, Pendiri Lippo Group yang Mendapat Julukan The Magic Man of Bank Marketing
Pendiri sekaligus pemilik Lippo Group Mochtar Riady saat ditemui pada acara Indonesia Digital Conference 2019 di Jakarta, Kamis (28/11/2019). [Antara/Mentari Dwi Gayati]

Belakangan profil Mochtar Riady tengah ramai diperbincangkan masyarakat. Ia adalah pemilik Lippo Group sekaligus disebut-sebut sebagai orang terkaya di Indonesia.

Lantas seperti apa profil Mochtar Riady? Meski kariernya dalam berbisnis sangatlah cemerlang, namun belum banyak orang yang mengenal dengan baik siapa Mochtar Riady sebenarnya.

Mochtar Riady adalah pendiri Lippo Group. Lippo Group sendiri identik dengan pusat perbelanjaan yang mewah, lengkap dengan berbagai fasilitas seperti fasilitaa rumah tangga, sekolah, perbelanjaan, restoran dan lain sebagainya. 

Lippo Group tak hanya ada di Jakarta saja, akan tetapi juga berada di sejumlah kota-kota besar di Indonesia. Salah satunya yaitu di kota Kupang. Tak hanya berfokus pada pusat perbelanjaan, Lippo Group juga merambah pada sektor hiburan seperti timezone atau tempat bermain anak serta bioskop berkelas. 

Di balik suksesnya Lippo Group ada sosok penting, yaitu Mochtar Riady yang berhasil mengembangkannya hingga menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia. Bahkan ia dinobatkan dalam daftar orang terkaya di Indonesia dengan peringkat 23. Seperti apa profil Mochtar Riady? Simak ulansannya berikut ini. 

Profil Mochtar Riady 

Mochtar Riady lahir di Malang, Jawa Timur pada 12 Mei 1929. Pria keturunan Tionghoa ini sejak kecil telah bercita-cita sebagai seorang banking. Bekerja di bank merupakan cita-citanya sejak usia belia.

Namun keterbatasan ekonomi membuatnya harus menunda impian itu. Pada saat usia 22 tahun ia bekerja disebuah toko sepeda. Berkat kegigihan dan keuletannya ia berhasil mengembangkan toko tersebut hingga menjadi toko terbesar di Malang kala itu. 

Awal Karier Mochtar Riady

Pendiri dan Chairman Lippo Group, Mochtar Riady dalam peluncuran kota mandiri Meikarta, di Lippo Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (13/5/2017). [Suara.com/Adhitya Himawan]
Pendiri dan Chairman Lippo Group, Mochtar Riady dalam peluncuran kota mandiri Meikarta, di Lippo Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (13/5/2017). [Suara.com/Adhitya Himawan]

Mochtar kemudian pindah ke Jakarta bersama keluarganya pada tahun 1954. Di Ibu Kota, Mochtar Riady berhasil mewujudkan impiannya untuk menjadi seorang banking. Berkat kecerdasannya, ia dipercaya untuk bekerja di bank-bank ternama di Indonesia seperti Bank BCA dan Bank Panin. 

Setelah memiliki pengalaman di dunia perbankan, ia kemudian mendirikan Lippo Bank sebagai awal mula suksesnya bisnis Lippo Group saat ini. Pada awalnya Lippo Group begerak dalam bisnis otomotif, alat-alat elektronik seperti TV, AC, kulkas bahkan Mochtar Riady juga mengembangkan dalam dunia pendidikan. Ia berhasil mendirikan sejumlah sekolahan ternama di Jakarta. Tak hanya itu, ia juga merambah di sektor Kesehatan. 

Berkat kerja kerasnya, kini Mochtar telah memiliki lebih dari 50 perusahaan bisnis yang tersebar di sejumlah wilayah Indonesia dan juga mancanegara. Berdasar Forbes real time net worth yang diterbitkan pada Rabu, 2 Februari 2022 jumlah kekayaan Mochtar Riady senilai 1,8 miliar dolar AS atau sekitar Rp25,8 triliun. Sehingga berhasil membawanya menjadi jajaran orang terkaya di Indonesia. 

Meskipun kini usianya telah memasuki 93 tahun, namun ia masih terlihat bugar. Bahkan ia beberapa kali sempat menghadiri acara bisnis dan perbankan sebagai pembicara. Karena semjulah prestasinya ini ia mendapat julukan The Magic Man of Bank Marketing. 

Itulah tadi ulasannya mengenai profil Mochtar Riady, pendiri Lippo Group dan salah satu jajaran orang terkaya di Indonesia. Semoga menginspirasi!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak