facebook

Dua Hari Lagi, Simak Jadwal Download Sertifikat SBMPTN 2022

Putri Ayu Nanda
Dua Hari Lagi, Simak Jadwal Download Sertifikat SBMPTN 2022
jadwal download sertifikat SBMPTN 2022 - Pengumuman SBMPTN 2022  (Tangkap layar instagram.com/@ltmptofficial)

Peserta yang telah mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau UTBK-SBMPTN 2022 dapat melihat pengumuman hasil seleksi yang telah resmi dirilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Lalu kapan jadwal download sertifikat SBMPTN 2022?

Bagi siswa yang dinyatakan lolos dapat mengikuti tahap selanjutnya, yaitu mengunduh sertifikat SBMPTN 2022. Agar tidak ketinggalan, ketahui jadwal download sertifikat SBMPTN 2022 berikut. 

Pengumuman SBMPTN dapat diakses melalui link utama yang diberikan oleh pihak LTMPT melalui laman https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id/ . Namun untuk mengantisipasi terjadinya server down link karena membludaknya jumlah peserta. Terdapat 32 link mirror yang disediakan oleh masing-masing Universitas terkait untuk membuka hasil pengumuman. 

Cara Cek Hasil Pengumunan SBMPTN 2022 

  1. Siapkan kartu pendaftaran
  2. Masuk ke laman resmi LTMPT di https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id/
  3. Ketikkan nomor peserta SBMPTN 2022 dikolom yang disediakan
  4. Masukkan tanggal lahir peserta
  5. Kemudian, klik opsi "Lihat Hasil"
  6. Selanjutnya halaman akan menampilkan hasil UTBK-SBMPTN 2022 yang telah diikuti peserta  

Selanjutnya peserta dapat mengunduh hasil seleksi. Lantas kapan jadwal download sertifikat SBMPTN 2022? Simak informasi selengkapnya berikut ini. 

Jadwal Download Sertifikat SBMPTN 2022 

Masa unduh sertifikat akan berlangsung dua hari setelah pengumuman resmi dirilis, tepatnya mulai tanggal 25 sampai dengan 31 Juni 2022. Mendownload sertifikat merupakan bagian yang paling penting bagi peserta yang dinyatakan lolos dalam SBMPTN 2022.  

Hal ini dilakukan supaya kita dapat melihat hasil skor SBMPTN. Selain itu, sertifikat juga penting karena digunkaan untuk proses daftar ulang di PTN yang didaftarkan. 

Sementara, bagi peserta yang dinyatakan tidak lolos juga dihimbau untuk mencetak sertifikat SBMPTN 2022. Sertifikat yang dicetak dapat digunakan sebagai syarat dokumen untuk mendaftarkan diri di PTN melalui jalur selain SBMPTN sesuai dengan ketentuan masing-masing universitas. 

Cara Download Sertifikat SBMPTN 2022 

1. Buka situs pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id 

2. Masukkan nomor peserta UTBK-SBMPTN 

3. Ketikkan tanggal lahir siswa 

4. Peserta kemudian akan diberi pilihan untuk unduh atau cetak sertifikat UTBK-SBMPTN 

5. Klik unduh 

6. Selanjutnya, sertifikat secara otomatis akan ter-download atau terunduh 

Jadwal UTBK-SBMPTN 2022 

• UTBK SBMPTN 2022 Gelombang 1 tanggal 17-23 Mei 2022 

• UTBK SBMPTN 2022 Gelombang 2 tanggal 28 Mei-3 Juni 2022 

• Pengumuman tanggal 23 Juni 2022 

• Masa unduh sertifikat UTBK SBMPTN 2022 tanggal 25 Juni-31 Juli 2022 

Jadwal Daftar Ulang SBMPTN 2022 

Sementara itu, bagi seluruh peserta yang dinyatakan lolos dalam SBMPTN 2022, wajib melakukan proses pendaftaran ulang sesuai dengan ketentuan dari masing-masing perguruan tinggi.

Jadwal dan ketentuan pendaftaran ulang akan diinformasikan lebih lanjut melalui website atau media sosial masing-masing universitas. 

Pastikan peserta untuk selalu mengecek informasi terbaru di masing-masing universitas yang didaftarkan agar tidak ketinggalan informasi. Jika merujuk pada SBMPTN tahun 2021 lalu, link pendaftaran ulang di masing-masing perguruan tinggi penerima akan ditampilkan di bawah hasil pengumuman. 

Demikian tadi ulasan mengenai jadwal download sertifikat SBMPTN 2022 lengkap dengan cara mengunduhnya. Apapun hasilnya semoga itu yang terbaik dan menjadi jalan untuk meraih impian!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak