Hayuning Ratri
Hayuning Ratri
Ilustrasi kaktus. (pixabay.com/Milada Vigerova)

Siapa yang suka mengkoleksi tanaman kaktus? Kaktus adalah tanaman berduri yang termasuk ke dalam famili cactaceae. Tanaman yang identik dengan padang pasir ini ternyata menyimpan beragam manfaat bagi kehidupan manusia.

Berikut ini sejumlah manfaat dari kaktus yang jarang diketahui, mengutip Bobo.

1. Menjadi tanaman hias

Tanaman kaktus kerap digunakan untuk mempercantik ruangan. Tak hanya itu, bunga tanaman kaktus mempunyai wangi yang khas. Pemeliharaan kaktus pun mudah dapat dilakukan di luar maupun di dalam ruangan.

2. Sebagai bahan makanan

Siapa sangka kaktus bisa dimakan? Salah satu makanan yang dapat dibuat dengan kaktus adalah nopales. Nopales adalah makanan yang berasal dari Meksiko. Makanan ini memanfaatkan batang kaktus opuntia. Nopales memiliki rasa dan tekstur yang mirip dengan kacang hijau.

3. Pembersih udara

Tahukah kamu? Kaktus dapat membantu membersihkan udara. Kaktus mempunyai kemampuan untuk menyerap karbondioksida dan mengubahnya menjadi oksigen.

4. Antiradiasi

Pilihan yang tepat bagi kamu yang suka meletakkan kaktus di meja kerja. Pasalnya, kaktus diyakini mampu mengurangi efek radiasi yang ditimbulkan oleh gawai.

5. Bahan obat-obatan

Kaktus telah dijadikan sebagai bahan obat-obatan oleh nenek moyang sejak ribuan tahun yang lalu. Kaktus kerap dipakai untuk meredakan gatal-gatal dan mengurangi efek gigitan serangga.

6. Menjaga kesehatan kulit

Kaktus juga sering digunakan dalam produk perawatan kulit. Hal ini tak lain karena kandungan kaktus yang mampu memberikan efek segar pada kulit. Pasalnya, kaktus kaya akan vitamin A, B12, dan D yang membantu kulit menjadi halus.

Nah, itulah beberapa manfaat yang ditawarkan oleh tanaman kaktus ini. Sudah berapa banyak tanaman kaktus yang ada di rumahmu?