Latifah
Latifah
Ilustrasi Wanita Karir. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Banyak orang beranggapan, bahwa untuk bisa tampak berkelas harus menunggu punya banyak harta dulu. Pakaian yang mahal, serta berbagai barang mewah yang dipakai, kemudian bisa mengubah tampilan seseorang jadi elegan.

Padahal, sih nggak harus tunggu kaya dulu supaya bisa mendapatkan penampilan yang berkelas. Langkah-langkah berikut ini bisa kamu lakukan, tanpa harus jadi tajir dulu, kok!

1. Pastikan tidak bau badan

Percuma pakaianmu branded, tapi bau badan. Hancur sudah citramu! Karena itu, langkah pertama yang mesti kamu lakukan supaya bisa tampil berkelas, yaitu nggak bau badan. Itu nggak mesti harus dengan memakai parfum mahal. Deodoran saja sudah memadai, kok!

2. Mengenakan pakaian sesuai sikon

Walaupun penampilanmu dari atas ke bawah harganya selangit, tapi kalau salah tempat saat mengenakannya, bukannya elegan, malah kamu dibilang OKB alias orang kaya baru. Karena itu, berpakaianlah sesuai dengan waktu dan tempat. Tahu kapan harus berpakaian formal, dan kapan bisa kasual. Ingat, nggak perlu mahal! Yang penting rapi dan nyaman dikenakan.

3. Jaga kebersihan diri

Aspek penting agar kamu tampak berkelas adalah, bersih. Karena meski yang kamu kenakan adalah barang-barang berkualitas, tapi kalau kamu nggak merawat diri, dan barang-barangmu pun kumel dan kotor, penampilanmu jadi nggak menarik.

4. Tahu batasan

Mungkin di antaramu pernah melihat, ada orang kaya, good looking, pakaian pun mewah, tapi sikapnya urakan. Misalnya saja, nggak sopan sama orang lain. Sikap demikian, justru menjatuhkan citramu. Orang nggak akan respek, dan malah membuatmu dicap pribadi yang nggak berkualitas.

5. Update wawasan

Punya HP mahal, jangan cuma dimanfaatkan untuk baca berita gosip. Tapi juga untuk update wawasan. Ada banyak sumber pengetahuan dari IG yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah ilmu. Karena berkelas atau tidaknya seseorang, nggak cuma dilihat dari lahiriahnya saja. Tapi juga dari otaknya. Jadi, jangan malas untuk terus belajar dan mengembangkan diri, ya!

Nah, itu dia beberapa langkah murah meriah yang bikin kamu tampak berkelas dan jadi pribadi elegan, sehingga memesona banyak orang. Mau?