Shinta Ci
Shinta Ci
Potret Aktor Jung Woo Sung. (Soompi).

Siapa yang tidak terkesima dengan bakat akting Jung Woo Sung di drama Korea 'Delayed Justice'? Karismanya sebagai jaksa elit Jang Yoonseok membuat banyak orang terpesona.

Sebagai salah satu bintang papan atas Korea Selatan, Jung Woo Sung juga sangat populer di negara-negara Asia lainnya, terutama di Jepang. Ia meraih berbagai penghargaan.

Jung Woo Sung telah empat kali menjadi peraih penghargaan sebagai Aktor Terpopuler di Blue Dragon Film Awards, Aktor Terbaik di Busan Film Critics Awards berkat perannya dalam drama Korea Asura: The City of Madness (2016), Aktor Pendukung Terbaik di Asian Film Awards ke-3 berkat perannya di The Good, the Bad, the Weird (2009), dan menerima 9 nominasi sebagai aktor terbaik.

Selain merupakan aktor yang sangat berbakat dan telah lama berkiprah di industri hiburan, Jung Woo Sung juga terkenal sebagai publik figur sangat dermawan. Baru-baru ini Jung Woo Sung telah memberikan sumbangan untuk mendukung para pengungsi dari Afghanistan.

Disadur dari Soompi, sejak 2014, Jung Woo Sung telah menjadi Duta Niat Baik untuk Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR). Aktor tersebut baru-baru ini menyumbangkan 100 juta won (sekitar 1 milar rupiah) kepada delegasi agensinya di Korea Selatan.

“Saya harap ini setidaknya sedikit membantu orang-orang Afghanistan, yang mengalami kesulitan setelah kehilangan rumah mereka karena peristiwa baru-baru ini, dan kepada UNHCR, yang bekerja dalam kondisi berbahaya untuk mereka," ungkapnya.

Jung Woo Sung kemudian melanjutkan, tragedi Afghanistan menjadi momen kemanusiaan. Ia membaca keputusasaan orang tidak dapat berlindung di negaranya sendiri.

“Inilah saatnya seluruh dunia harus memperhatikan tragedi kemanusiaan yang terjadi di Afghanistan saat ini. Kita harus mendengarkan keputusasaan orang-orang yang tidak dapat berlindung di negara mereka sendiri, di tengah berbagai bahaya dan keadaan tragis ini. Kita harus bersatu untuk mereka," kata Jung Woo Sung.

Selama bertahun-tahun, Jung Woo Sung secara konsisten memberikan sumbangan untuk membantu para pengungsi dan telah bertemu dengan warga terlantar dari negara-negara seperti Sudan Selatan, Irak, Nepal, Bangladesh, Lebanon, Djibouti, Malaysia, dan banyak lagi. Jung Woo Sung menyebarkan berita tentang kesulitan mereka di seluruh antero Korea.

Agustus lalu, Jung Woo Sung juga menyumbang untuk biaya tenaga medis kepada orang-orang Rohingya di Myanmar, yang mengungsi dari negara itu karena mengalami kekerasan.

Tindakan tanpa pamrih Jung Woo Sung tersebut tentunya patut diapresiasi dan ditiru, bukan? Semoga kedepannya akan ada lebih banyak lagi publik figur khususnya K-Drama yang mengikuti jejaknya.

Komentar