Latifah ..
Latifah ..
Ilustrasi teman (pexels/Gatot Adri).

Layaknya percintaan yang kondisinya bisa pasang surut,  hubungan pertemanan juga bisa begitu. Teman yang dulu dekat, sekarang bisa jadi menjauh.

Ada banyak alasan kenapa hubungan pertemanan bisa gak dekat lagi seperti dulu. Kesibukan masing-masing, sudah tak lagi menemukan kecocokan, perubahan sikap, dan banyak alasan lainnya.

Berikut ini beberapa tanda kalau persahabatanmu sudah merenggang. Apa saja? Yuk, kita simak!

1. Komunikasi sudah berkurang

Ciri pertama kalau hubungan pertemananmu sudah tak lagi seperti dulu, bisa terlihat jelas dari cara kalian berkomunikasi. Kalau sudah jarang banget, berarti ikatan persahabatan kalian memang sudah berjarak.

Gak hanya pertemuan fisik yang sudah berkurang, komunikasi lewat pesan pun cuma kadang-kadang. Padahal, dulu kalian sering banget melakukan diskusi bersama-sama.

2. Sering membatalkan janji

Janji memang wajib ditepati. Namun, terkadang karena ada sesuatu yang mendesak, mau tak mau, seseorang akhirnya harus membatalkan janjinya.

Namun, kalau sudah terlalu sering membatalkan janji. Misalnya, janji untuk bertemu yang selalu diulur-ulur terus, hal tersebut bisa mencirikan kalau ia sudah tak lagi memprioritaskan hubungan pertemanan kalian.

3. Obrolan tak seluwes dulu

Saat kalian dulu masih dekat, kalau ngobrol bisa lupa waktu. Ada saja yang dibicarakan, dan obrolan berjalan dengan luwes.

Namun, sekarang jadi berbeda. Sekalipun kalian bertemu, tapi seperti ada rasa kikuk. Obrolan tak lagi sebebas dan selancar dulu.

4. Kesukaan kalian sudah berbeda

Bila dulu kalian disatukan oleh minat yang sama, kini tidak lagi. Karena memang sudah kodratnya, manusia itu bisa berubah. Perubahan ini yang membuat hubungan kalian jadi tak erat seperti dulu lagi. Pengikatnya sudah tak ada lagi.

5. Sering membuat lelah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, karakter tiap orang bisa berubah. Jika dulu berteman dengannya membuatmu nyaman, kini berbeda. Tiap kali berinteraksi dengannya, kamu jadi merasa lelah. Lelah mental!

Ini disebabkan, perangainya yang berbeda. Sekarang, dia jadi sering mengeluh, pesimis, dan banyak sikap negatif lainnya. Padahal, dulunya dia sempat menjadi panutan dalam bersikap. Karena pribadinya sangat positif.

Itulah 5 tanda persahabatan kamu mulai renggang. Yuk evaluasi.

Komentar