Lestari Handayani
Lestari Handayani
Ilustrasi Belanja Online [Freepik.com]

Tidak bisa dimungkiri saat belanja online sifat kalap sering menghampiri, terlebih berbelanja online menawarkan berbagai diskon dan kupon yang menggiurkan. Belanja online menawarkan berbagai macam keuntungan dan kemudahan. Jika kamu belanja online, kamu bisa lebih menghemat waktu dan tenaga. Tak hanya itu, terkadang banyak promo yang ditawarkan saat berbelanja online. Satu keunggulan lain yang bisa didapatkan ketika belanja online adalah kemudahan dalam bertransaksi. 

Menurut Deputi Komisioner OJK Institute dan Keuangan Digital Imansyah mengatakan, 88,1 persen pengguna internet di Indonesia sudah pakai layanan e-commerce untuk beli produk, persentase tersebut menempati peringkat pertama di dunia berdasarkan survei We Are Social per April 2021. 

Bisa disimpulkan bahwa banyak orang yang mengakses dan mulai merasakan berbagai kemudahan saat berbelanja online. Sehingga mungkin dapat mengakibatkan banyak orang yang kalap saat belanja online.  Untuk menghindari membeli sesuatu yang tidak perlu saat berbelanja online, simak beberapa tips berikut ini. 

1. Beli ketika butuh

Sudah semestisnya kamu harus bisa membedakan antara butuh dan ingin. Butuh artinya kamu akan menggunakannya, ingin artinya kamu sejujurnya tidak terlalu membutuhkan tetapi ingin membelinya. Ingat, beli karena butuh bukan karena ingin, ya.

2. Jangan tergiur dengan potongan harga atau diskon

Diskon sering sekali menjadi faktor utama sekaligus faktor pendukung yang mempengaruhi saat berbelanja. Namun, hendaknya kamu harus berpikir kembali ketika ingin membeli meski ada diskon. Mungkin bisa jadi harga setelah diskon memang harga aslinya. 

3. Manfaatkan event atau diskon dengan baik

Catat apa yang akan dibeli dan lakukan transaksi ketika ada event atau tanggal kembar dengan cara ini bisa menghemat pengeluaranmu. Kamu juga bisa terhindar dari kalap karena sudah tahu barang apa yang semestinya dibeli.

4. Jangan terlalu sering membuka marketplace atau e-commerce

Ketika kamu terlalu sering membuka dan scrolling suatu marketplace atau e-commerce, maka rasa keinginan untuk berbelanja pun meningkat, apalagi ketika melihat barang-barang dikategori flash sale. Untuk menghindari hal tersebut, sebaikmya kamu membukanya saat butuh saja. 

Itu dia beberapa tips yang bisa dijadikan alternatif cara agar kamu bijak saat berbelanja online. Semoga bisa membantu, ya!

Komentar