Eko Saputra
Eko Saputra
Sampul Buku Think and Grow Rich (DocPribadi/ekos4409).

Ulasan buku "Think and Grow Rich Edisi Abad ke-21" karya Napoleon Hill.

Identitas Buku

  • Judul: Think and Grow Rich Edisi Abad ke-21
  • Penulis: Napoleon Hill,  The Napoleon Hill Foundation
  • Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
  • Tahun: 2019
  • Tebal: 392 halaman

Di tangan Anda, ada 'Buku Sukses' terlaris sepanjang masa yang sudah direvisi dan diperbarui untuk kehidupan di abad ke-21.

Begitulah kalimat teratas di bagian belakang buku ini. Kalimat yang tidak berlebihan, karena memang sejak terbit pertama kali tahun 1937, Think and Grow Rich konsisten menjadi International Bestseller sampai sekarang.  Bisa dibilang tidak ada motivator mana pun yang tidak terpengaruh oleh konsep-konsep kesuksesan yang disajikan Hill, mulai dari Dale Carnegie, Stephen R. Covey, hingga Antony Robbins.

Lalu apa isi buku ini? Think and Grow Rich berisi konsep-konsep rahasia untuk meraup kekayaan dan kesuksesan yang melimpah dalam hidup. Hill telah menghabiskan lebih dari dua puluh tahun meneliti lebih dari lima ratus orang super kaya, untuk menunjukkan kepada kita rahasia-rahasia tersebut.

Buku ini dibuka dengan paragraf-paragraf yang akan meyakinkan pembaca betapa pentingnya mengikuti sampai selesai, dan menerapkan prinsip-prinsipnya sesuai cara-cara yang dijelaskan.

Disertai dengan nama-nama orang besar yang telah —secara sadar maupun tidak—mempraktikkan konsep rahasia ini untuk meraih keuntungan pribadi atau membangun perusahaan besar, seperti Thomas Alfa Edison, Alexandar Grahambel, Henry Ford hingga Theodore Roosevelt dan Woodrow Wilson. 

Tetapi, Rahasia ini tidak pernah secara langsung disebut. Karena sepertinya akan lebih manjur kalau dibiarkan berjalan begitu saja, dan mereka yang siap, serta mencari, yang dapat mengambilnya. Jika siap menggunakannya, Anda akan mengenali rahasia ini minimal satu kali dalam setiap bab. Kapan saja ketika Anda membaca buku ini, rahasia ini akan muncul dan terbuka lebar di depan mata Anda. Entah Anda menemukannya pada bab pertama atau terakhir. (hlm. 5 dan 14)

Napoleon Hill merangkumnya dalam 13 asas untuk berpikir dan menjadi kaya. Masing-masing dijabarkan dalam bab tersendiri. Adapun 13 asas tersebut yaitu; Hasrat, Keyakinan, Autosugesti, Pengetahuan Khusus, Imajinasi, Perencanaan Terorganisir, Keputusan, Kegigihan, Kekuatan Master Mind, Seksualitas, Pikiran Bawah Sadar, Otak, dan Indera Keenam. Prinsip yang satu terkait dengan prinsip lainnya. Untuk itu, penting membaca keseluruhan buku.

Pada setiap pembahasan, Hill menyertakan contoh-contoh nyata dari kisah orang-orang yang berhasil mempraktikkannya, termasuk dirinya sendiri, disertai dengan penelitian dan alasan mengapa teori tersebut efektif. Lalu dijabarkan langkah-langkah praktis yang dapat dilakukan dengan segera, oleh siapa pun dan dalam keadaan apa pun.  

Akan tetapi, Hill juga tidak memaksa pembaca untuk langsung memahami konsep-konsep yang ia sajikan. Di akhir setiap bab, Hill menyarankan pembaca untuk kembali ke bagian yang kurang dimengerti setelah menyelesaikan seluruh isinya.

Buku legendaris ini ditutup dengan pembahasan tentang enam ketakutan dasar. Ketakutan-ketakutan ini harus dapat dikendalikan agar prinsip-prinsip sukses dan kaya yang telah ditunjukkan di atas dapat berjalan dengan baik. Keenam rasa takut tersebut ialah takut pada kemiskinan, kritikan, kesehatan yang buruk, kehilangan cinta, menjadi tua, dan kematian.

Think and Grow Rich Edisi Abad-21 ini dilengkapi dengan materi tambahan dari The Napoleon Hill Foundation. Komentar tambahan ini diletakkan di sela-sela paragraf maupun bab edisi asli yang ditulis dengan jenis huruf dan gaya tulisan yang berbeda. Dengan begitu, pembaca dapat mengetahui mana tulisan Hill sendiri dan mana tulisan editor edisi revisi.

Materi tambahan tersebut berisi informasi-informasi yang sekiranya berguna untuk membantu pembaca memahami maksud kalimat-kalimat Hill. Ada juga beberapa kisah sukses dari orang-orang kaya zaman modern seperti Bill Gates dan Jeff Bezos. Hal ini menunjukkan bahwa konsep kesuksesan Napoleon Hill masih relevan hingga hari ini.

Saya sendiri sangat menyukai buku ini, meskipun—sejujurnya—sulit dipraktikkan. Dari tiga belas prinsip sukses di atas, yang bisa saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari hanya empat;  hasrat yang kuat, keyakinan yang teguh, mengimajinasikan kesuksesan, dan berani mengambil keputusan sendiri.

Selain itu, juga ada beberapa kalimat atau paragraf yang tidak saya mengerti walaupun sudah dibaca berulang-ulang, sehingga saya lewatkan saja. 

Secara keseluruhan, buku Think and Grow Rich telah membuktikan bahwa kunci kesuksesan dan kekayaan tidak banyak berubah sejak dahulu meskipun zaman terus berganti. Kita dapat melihat sampai hari ini, di toko-toko buku baik offline maupun online. Karya fenomenal Napoleon Hill ini masih teguh bertengger di rak berlabel ‘Internasional Bestseller'.

Akhir kata, inilah buku yang sangat direkomendasikan untuk dibaca oleh siapa pun—laki-laki dan perempuan— yang ingin meraup kekayaan melimpah di dalam hidup. Namun, yang perlu diperhatikan adalah—dan yang paling penting —tidak ada gunanya mengetahui rahasia-rahasia kesuksesan jika tidak mempraktikkannya.

***

Komentar