Hayuning Ratri
Hayuning Ratri
Ilustrasi biji quinoa. (Pixabay.com/Luisella Planeta Leoni)

Biji quinoa sering digunakan sebagai pilihan makanan untuk diet ataupun untuk yang menerapkan pola makan sehat. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi pada quinoa yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk untuk bayi.

Dilansir Healthline, biji quinoa kaya akan serat dan magnesium. Lebih dari itu, quinoa juga mengandung vitamin B, zat besi, kalium, kalsium, fosfor, vitamin D, vitamin E, sedikit asam lemak omega-3, dan beragam antioksidan. Berikut ini sederet manfaat yang dapat diperoleh dari quinoa untuk bayi, menyadur Klikdokter.

1. Mendukung pertumbuhan tulang

Kandungan kalsium dan vitamin D pada quinoa mampu membantu pertumbuhan tulang pada bayi maupun anak. Jika buah hati Bunda memiliki alergi atau kondisi lain yang tidak memungkinkan untuk mengonsumsi susu atau keju, Bunda dapat memilih biji quinoa ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kalsium anak.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Biji quinoa mengandung asam amino esensial yang tergolong lebih lengkap dan lebih baik dibandingkan kebanyakan biji lainnya. Dalam sekitar 185 gram biji quinoa, terdapat kurang lebih 8 gram asam amino esensial. Kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk mencegah anak gampang sakit.

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Bayi atau anak-anak cenderung mempunyai waktu proses pencernaan yang lebih cepat daripada orang dewasa. Biji quinoa yang mengandung air dan kaya akan serat dapat membantu sistem pencernaan buah hati menjadi lebih baik.

4. Menjaga kesehatan otak

Kandungan nutrisi seperti magnesium, zat besi, dan asam folat pada biji quinoa dapat membantu otot dan jaringan saraf menjadi lebih kuat. Selain itu, hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan energi dan konsentrasi pada anak.

Nah, itulah sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari biji quinoa bagi kesehatan bayi. Tertarik untuk mencobanya?