Sumaiyah Putri
Sumaiyah Putri
Ilustrasi jahe (pixabay) / jmexclusives.

Empon-empon adalah sejenis tanaman penyegar atau penyedap rasa sebagai bahan dasar pengobatan rumahan. Tanaman obat atau penyedap yang digunakan sebagai empon-empon sebagian besar berupa rimpang yang batangnya menyebar di bawah permukaan tanah, seperti kunyit, jahe merah, jahe, serai, dan temulawak.

Setiap orang mungkin memiliki racikan jamunya sendiri-sendiri, dengan varietas dalam jenis rimpang yang ditunjukkan oleh kebutuhan dan selera yang unik. Semua hal dipertimbangkan, mengingat ada cukup banyak bahan-bahan dalam obat alami empon-empon. Disadur dari sehatq, berikut ini 4 manfaat empon-empon untuk kesehatan.

1. Menghangatkan Tubuh

Saat sakit, daya tahan tubuh pasti menurun sehingga membuat kamu merasa lemas dan tidak enak badan. Saat ini, perpaduan jahe, serai, kunyit, dan temulawak dalam kombinasi empon-empon dapat menghangatkan tubuh yang membantu kamu secara umum. Hal ini dikarenakan rasa tersebut mengandung gingerol dan curcumin, yang berfungsi untuk merangsang peningkatan suhu pusat tubuh dengan cara memperlancar aliran darah.

2. Mencegah Flu

Manfaat medis lain dari bumbu empon-empon adalah mencegah dan meredakan flu. Influenza sendiri adalah penyakit saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh infeksi. Dalam sebuah ulasan dijelaskan bahwa jahe memiliki senyawa gingerol. Menyimpulkan dari berbagai penelitian, kandungan senyawa aktif gingerol dalam jahe diketahui dapat menghambat infeksi virus RSV yang menyerang saluran pernapasan.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kunyit mengandung senyawa kurkumin, yaitu zat dengan sifat mitigasi dan penguatan sel yang tinggi. Kedua khasiat ini membuat kandungan kunyit dalam empon-empon obat rumahan bermanfaat untuk memerangi penyakit dan memperbaiki kerusakan pada tubuh.

Bahan lain, khususnya jahe, juga berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Jahe mengandung kadar gingerol yang tak terbantahkan. Gingerol dikenal untuk memerangi kejengkelan dan memiliki efek agen pencegahan kanker yang cukup mampu membangun kembali kekebalan yang berkurang.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sebagai kombinasi empon-empon, temulawak juga memberikan keunggulan tersendiri. Temulawak telah diteliti mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid, fenol, dan juga kurkumin yang baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Flavonoid khususnya berfungsi untuk melindungi lapisan dinding lambung dari kerusakan dan mengurangi produksi asam lambung berlebih. 

Dari sifat defensif tersebut, senyawa agen pencegah kanker dalam temulawak dapat melindungi lambung dari bahaya masalah terkait lambung, seperti maag atau tukak lambung. Selain itu, kandungan gingerol dalam jahe juga telah dikenal untuk membantu meredakan mual dan masalah terkait perut lainnya.

Nah, itulah beberapa manfaat empon-empon untuk kesehatan. Jadi, tidak ada salahnya kamu mengonsumsi agar tubuh senantiasa tetap bugar. 

Komentar