Novan Harya Salaka
Novan Harya Salaka
Bunga Krisan

Memiliki tanaman hias dalam ruangan sebagai dekorasi menjadi tren di masa pandemi. Selain untuk estetika, ternyata beberapa jenis tanaman mempunyai manfaat untuk kesehatan. Halodoc menyebutkan, memiliki tanaman dalam ruangan mampu membuat udara jadi lebih segar, ruangan menjadi lebih nyaman, meningkatkan kesehatan mental, hingga mencegah stres. Rumah123 melansir, berikut adalah rangkuman beberapa tanaman hias dalam ruangan: 

1. Tanaman Dolar

Tanaman Dolar atau Climbing Fig. (Shutterstock)

Tanaman hias ini memiliki daun yang tebal dan ukuran simetris. Daun inilah yang digunakan untuk menyimpan cadangan air sehingga memudahkan dalam perawatannya karena tidak memerlukan banyak air. Tanaman ini juga tidak memerlukan banyak sinar matahari. Akan tetapi, sesekali tetap harus terkena paparan sinar matahari.

2. Tanaman Kopi

Ilustrasi tanaman kopi. (Pexels)

Bagi kamu penggemar aroma kopi, tanaman ini bakal sangat cocok ditempatkan sebagai pengharum ruangan alami di rumahmu. Bentuk tanaman kopi arabika yang kecil dan cantik bisa jadi tanaman hias dalam ruangan. Tanaman kopi populer karena perawatannya yang cukup mudah, yakni menyiramnya dengan air yang cukup di pagi dan sore hari.

3. Karet Merah

Tanaman karet merah dikenal sebagai salah satu penyerap debu dan udara alami. Ia memiliki daya hidup yang kuat. Ia hanya perlu disiram ketika tanah mulai mengering. Akan tetapi, tanaman karet merah membutuhkan cahaya yang terang namun tidak langsung.

4. Begonia

Tanaman ini merupakan salah satu yang jadi incaran banyak orang. Begonia mampu beradaptasi di lingkungan dengan kelembaban rendah. Mitos keberuntungan yang melekat pada tanaman ini, bentuk yang indah, serta penanaman dan perawatannya yang mudah menjadi daya tarik untuk menjadikannya sebagai salah satu tanaman hias. Begonia hanya perlu disiram sesekali ketika tanahnya mulai mengering.

5. Peace Lilies

Peace lilies, selain memiliki bentuk yang cantik, juga cocok jadi salah satu tanaman hias terbaik dalam ruangan karena mampu menjadi pembersih udara. Ia dapat menyerap udara kotor, bahan kimia, dan racun, menjadikan ruangan lebih sejuk dan segar. Untuk perawatannya, peace lilies hanya perlu dibawa ke bawah sinar matahari secara langsung setiap 2-3 hari sekali selama beberapa jam.

6. Kaktus

Ilustrasi kaktus (Pixabay/milivanily)

Bila kamu ingin memiliki tanaman hias dalam ruangan tapi takut lupa menyiramnya dengan rutin, kaktus bisa jadi solusi. Tanaman kaktus hanya perlu disiram seminggu sekali dan mampu tubuh subur dalam cahaya alami. Cobalah menanam kaktus dengan berbagai ukuran di dalam terarium agar ruanganmu tampak indah.

7. Pakis Buaya

Tanaman Crocodile Fern / Pakis Buaya (©RorygezFresh)

Tanaman ini disebut pakis buaya karena karakteristik dan tekstur daun yang kasar dan tebal, mirip seperti kulit buaya. Tanaman ini jadi tanaman hias dalam ruangan karena mudah beradaptasi dengan cuaca. Perawatannya pun tidak rumit, ia hanya perlu disiram secara rutin.

8. Bunga Krisan

Bunga Krisan (pixabay)

Bunga Krisan disebut juga dengan bunga Seruni. Ia punya karakter yang wangi dan cantik. Bunga Krisan juga punya variasi warna yang beragam, seperti merah, kuning, putih, oranye, dan ungu. Tanaman hias dalam ruangan ini cocok ditempatkan di ruang tamu atau ruang makan. Selain warna yang indah, bunga Krisan juga memiliki kemampuan menyerap zat-zat berbahaya seperti formalin, ammonia, hingga xylene.

Demikianlah beberapa tanaman hias dan sekilas tentang karakternya. Selain daftar ini, masih banyak sekali pilihan tanaman hias lain di luar sana. Tentu tidak mudah menentukan tanaman hias terbaik, yang jelas rajin-rajinlah mencari info soal tanaman dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Sekian!

Komentar