Lintang
Lintang
Ilustrasi lowongan pekerjaan. (Shutterstock)

Saat kamu mengirimkan CV ke meja HRD, pernah nggak sih takut tak dilirik? Lalu tiba-tiba merasa kurang dari kandidat lainnya?

Tenang aja, karena semuanya akan penulis bongkar khusus untuk kamu. Ini dia 5 rahasia yang diam-diam diperhatikan HRD sebelum merekrut fresh graduate.

Menjadi fresh graduate dan belum banyak pengalaman, tetap bisa jadi pertimbangan HRD untuk merekrut kamu, lho! Penasaran apa saja kualifikasi yang akan dilihat HRD? 

1. IPK

“IPK TIDAK MENJAMIN KESUKSESAN SESEORANG”

Sering dengar kalimat itu? Yup, sebenarnya IPK menjadi salah satu perdebatan di dunia kerja. Namun, kualitas akademik tetap bisa mencerminkan mencerminkan performance kita. Tak jarang, banyak perusahaan yang mematok IPK minimal.

Maka dari itu, IPK juga termasuk hal yang penting, jadi berikan sebaik mungkin untuk meningkatkan IPK saat berkuliah yaa..

2. Kegiatan di luar kampus

Apabila kamu belum punya pengalaman kerja, HR melihat soft skill-mu melalui kegiatan-kegiatan yang pernah kamu ikuti, seperti bergabung dalam organisasi, komunitas, sertifikasi, hingga magang. 

Kamu bisa mulai mengikuti organisasi yang berada di lingkungan kampusmu, atau komunitas kemanusiaan lainnya, tunjukkan bahwa kamu dapat bekerja secara tim dengan baik.

3. Attitude 

Kualitas akademik dan banyak pengalaman dalam berorganisasi akan sia-sia kalau sikap atau attitude kamu nihil. Menjadi seseorang yang sopan dan bekerja keras tetap menjadi nilai utama dalam diri seseorang.

Lebih berhati-hati dalam bertindak ya, terutama apabila sikap kamu terekam dalam media sosial. 

Kamu bisa memasukkan profile kamu atau kegiatan kamu ke media sosial, seperti facebook dan linkedin, jadi waktu HRD 'kepo' dengan kegiatan kamu di internet, hal-hal yang kamu bagikan secara positif bisa menjadi nilai plus untukmu.

4. CV yang sempurna

Kesempurnaan CV juga menjadi salah satu daya tarik HRD untuk merekrut kamu, lho! Coba dilihat lagi CV kamu, apakah sudah sempurna dan sesuai dengan standar penulisan CV yang baik? 

5. Potensi diri

Banyak yang bilang bahwa pelamar yang akan diterima adalah pelamar yang berasal dari kampus ternama, padahal HR lebih mempertimbangkan potensi pribadi diri kamu, lho. Maka tingkatkan potensi diri sebaik mungkin yaa!

Semangat mencari kerja pada fresh graduate!

Komentar