Desyta Rina
Desyta Rina
Ilustrasi Kota. (Pixabay)

Dalam hidup seseorang, pasti akan merasakan yang namaya tinggal jauh dari orang tua meskipun hanya sekali. Merantau adalah suatu keadaan dimana kita pergi meninggalkan daerah asal ke daerah lain untuk melakukan suatu hal, seperti bekerja, menuntut ilmu, dll.

Untuk itu sebelum merantau diperlukan beberapa persiapan yang harus dilakukan, diantaranya:

1. Memilih tempat tinggal

Ada beberapa referensi tempat tinggal yang dapat disewa bagi anda yang ingin merantau, seperti apartemen, kontrakan, atau kos. Kos adalah tempat tinggal yang paling umum dicari, selain biayanya yang cenderung murah, ukuran ruangannya juga pas untuk ditempati sendiri.

Jika anda merantau bersama teman atau pasangan anda ada juga kamar kos yang menyewakan ukuran lebih besar. Fasilitas yang didapat juga bisa disesuaikan dengan harga yang ditawarkan, tentunya semakin banyak biaya semakin bagus fasilitasnya.

2. Belajar hal baru

Bagi anda yang akan merantau seorang diri, tentunya anda sendirilah yang akan mengurus semuanya. Mulai dari masak, mencuci, bersih-bersih, dll. Agar tidak kaget, lebih baik anda mulai berlatih sebelumnya untuk mengerjakan semua keperluan anda sendiri. Meskipun anda bisa membeli makanan atau menggunakan jasa laundry, namun tentu saja akan lebih hemat jika memasak dan mencuci sendiri.

Belajar Memasak (Pixabay)

3. Pandailah bergaul

Agar tidak merasa sendiri dan homesick yang berlebihan, anda perlu bergaul dengan orang baru yang akan anda temui disana. Dengan menjalin pertemanan baru tentunya anda akan merasa punya keluarga lagi, keluarga inilah yang akan menjadi tempat anda berbagi suka duka selama berada di tanah rantau.

4. Persiapkan keperluan

Apa-apa saja yang anda butuhkan selama merantau, persiapkan semuanya dengan baik. Seperti pakaian yang akan anda gunakan, makanan sementara yang bisa dimasak sendiri saat baru tiba, dan juga obat-obatan pribadi. Di masa awal-awal merantau anda mungkin akan kesulitan mencari barang itu karena belum tau kondisi disana.

5. Persiapkan mental

Disini anda akan berada di situasi yang jauh berbeda dari biasanya. Jika sehari-hari anda masih dibangunkan oleh orang rumah saat kesiangan, di perantauan nanti mau tidak mau anda harus bisa bangun tepat waktu sendiri. Jika terbiasa tinggal makan masakan yang dibuat ibu, disini anda harus berpikir dulu mau makan apa, beli dimana, uang cukup atau tidak.

Hal-hal kecil yang terlihat sepele akan terasa cukup mengejutkan pada masa awal-awal merantau. Oleh karena itu persiapkan diri dan mental anda, namun jika sudah berjalan beberapa waktu. Hal tersebut anda juga akan menjadi terbiasa mandiri.

Komentar