Rizki Putra
Rizki Putra
Ilustrasi pindah rumah (pexels/Ketut Subiyanto).

Sudah menjadi hal yang biasa bagi masyarakat di Indonesia memilih memilih merantau untuk bekerja atau kuliah. Namun, bukanlah perkara mudah untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggal, terutama untuk mencari hunian yang nyaman.

Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan untuk bisa menyesuaikan hunian dengan kebutuhan yang kita miliki. Oleh sebab itu, simak 4 tips mencari hunian yang nyaman untuk kamu yang baru pertama kali merantau.

1. Harga sewa hunian

Ini merupakan hal yang paling sensitif. Sebab kalau salah memilih hunian yang mahal, tetapi fasilitasnya sangat buruk, pastinya justru akan merasa menyesal. Namun, kamu harus lebih dulu survei hunian secara door to door atau mengeceknya langsung melalui platform yang sudah banyak tersedia.

Setelah itu, baru kamu pilih yang menurutmu cocok dengan kebutuhan serta dana yang kamu miliki. Tapi, kamu tetap harus menyesuaikan dengan kemampuan danamu, ya!

2. Memilih lingkungan hunian

Menentukan hunian juga perlu melihat lingkungan sekitarnya. Sebab, ini menjadi selera masing-masing, ada yang tidak mempermasalahan kalau lokasinya dekat dengan jalanan.

Ketika kamu sedang survei, coba lebih melihat lingkungan sekitarnya, mulai dari kebisingan daerah, keamanan, serta budaya orang sekitarnya. Bagaimanapun juga, setiap orang akan cocok-cocokan terhadap dengan lingkungan kebersihan, keamanan, dan budaya.

3. Jarak antara hunian ke kantor atau sekolah

Sebaiknya, pertimbangkan juga jarak antara hunian ke kantor atau sekolahmu. Sebab, supaya tidak memakan waktu yang lama jika terlalu jauh.

Selain itu, akses transportasi juga perlu dipertimbangkan. Karena jika kamu harus mengeluarkan biasa ongkos menuju lokasi kerja justru akan menambah beban pengeluaranmu.

4. Fasilitas dan perawatan hunian

Pasti akan ada perbedaan fasilitas yang diberikan di setiap hunian. Biasanya, menyesuaikan antara fasilitas dan juga harga sewa. Maka dari itu, harus teliti dalam memilih hunian supaya tidak menyesal di akhirnya.

Memang beberapa hunian akan ada perawatan rutin mulai dari air, listrik, hingga genteng. Kalau sampai terjadi sesuatu ketika sudah menempatinya, kamu akan jauh lebih tenang lantaran pemiliknya juga bisa menggaransi secara cepat setiap kerusakan yang ada.

Berdasarkan ulasan di atas, harus teliti memilih hunian yang aman dan nyaman setelah menempatinya, ya!

Komentar