Hanifah Khairunnisa
Hanifah Khairunnisa
Ilustrasi Kritik (Pixabay/geralt)

Bagi sebagian orang, menyampaikan kritik dan saran adalah momok menakutkan. Pasalnya, tidak jarang orang merasa tersinggung dengan kritik yang kita sampaikan meskipun niatnya baik. Oleh karena itu, banyak dari kita yang memutuskan untuk menutup mulut dan menghindari kritik agar hubungan dengan orang-orang terdekat tidak renggang. 

Namun, menghindari kritik pun bukan pilihan terbaik. Jika kita mengetahui seseorang perlu memperbaiki diri sedangkan kita memilih bungkam, maka mereka tidak akan pernah belajar untuk menjadi orang yang lebih baik. 

Nah, agar kritik dan saran yang disampaikan bisa diterima oleh orang lain, kita harus memperhatikan cara menyampaikan kritik yang baik. Penasaran? Yuk, cek pembahasan di bawah ini!

1. Sampaikan di waktu yang tepat

Ketika ingin menyampaikan kritik dan saran, hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih waktu yang tepat. Apakah orang tersebut sedang terlihat lelah? Apakah dia sedang emosi? Apakah kalian berada di tempat ramai? 

Kritik dan saran yang baik disampaikan ketika orang tersebut siap menerimanya. Pilihlah saat ketika dia tidak terlihat lelah atau kesal sehingga kritik yang kita sampaikan bisa diterima dengan kepala jernih. Selain itu, pastikan kita tidak menyampaikannya di depan banyak orang agar dia tidak menganggap kita ingin menjatuhkannya. 

2. Sampaikan kelebihan terlebih dahulu

Meskipun niat kita baik dalam menyampaikan kritik dan saran, tetapi kita perlu memperhatikan bagaimana cara kita mengungkapkannya. Jangan sampai niat baik kita malah dianggap menyerang. Oleh karena itu, sebaiknya kita memulai kritik dengan menyampaikan kelebihan terlebih dahulu. 

Jika kita memulai dengan kelebihan, maka rasa percaya dirinya akan meningkat sehingga apa yang kita sampaikan tidak dianggap sebagai serangan. Selain itu, kita akan terdengar lebih objektif karena kita tidak hanya melihat kekurangannya.

3. Gunakan bahasa yang lugas, jelas, dan sopan

Berkomunikasi memang tidak semudah bayangan kita, apalagi jika menyampaikan kritik. Kadang pesan yang ingin kita sampaikan tidak bisa diterima dengan baik karena bahasa yang digunakan menimbulkan arti lain. Oleh karena itu, salah satu cara menyampaikan kritik dan saran dengan sopan dan santun adalah memperhatikan bahasa yang digunakan. 

Agar pesan yang ingin kita sampaikan tidak ambigu dan bertele-tele, sebaiknya kita menggunakan bahasa yang lugas, jelas, dan sopan. Hindari kata-kata yang menimbulkan makna ganda, kalimat-kalimat yang tidak to the point, dan kata-kata kasar. 

4. Jangan libatkan emosi

Ketika ingin menyampaikan kritik dan saran, perlu diperhatikan bahwa kita harus bersikap objektif. Hindari kritik dan saran yang tidak membangun dan asal sebut hanya karena kita memiliki masalah personal padanya. Ingat, kritik dan saran ada untuk mengembangkan seseorang agar menjadi pribadi lebih baik, bukan untuk menjatuhkan. 

Itulah beberapa cara menyampaikan kritik agar tidak menyinggung orang lain. Silakan dicoba agar kita bisa berkembang sama-sama, ya!

Komentar