Salsabila Anisah
Salsabila Anisah
Ilustrasi investasi. (Pexels.com)

Tahukah kamu apa itu investasi, investor dan laporan laba rugi? Tentu saja ketiga hal itu ada hubungannya. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, kegiatan investasi pun semakin canggih dan dapat dilakukan secara online. Misalnya, jika dulu kita harus menemui manajer investasi dan menunggu proses hingga dua pekan, kini kita bisa melakukannya melalui online. Hal ini yang menyebabkan munculnya para investor baru. 

Menurut James C Van Horn, investasi merupakan kegiatan yang dilakukan dengan memanfaatkan kas yang ada pada masa saat ini atau sekarang dengan tujuan dapat memperoleh pendapatan yang lebih besar di masa depan. Tentunya kita tahu jika saat ini investasi bisa melalui online, bukan? Berikut investasi online yang sedang digandrungi masyarakat ialah Reksa dana, Saham, Forex, dsb.

Investor merupakan orang yang menanamkan uangnya dalam usaha dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Sebagai investor harus memiliki pengetahuan yang luas, bukan? Karena ketika Anda berinvestasi Anda terima segala bentuk risiko dan tantangan yang akan timbul. Maraknya penipuan investasi bodong , membuat Anda harus lebih berhati–hati dalam berinvestasi terlebih dengan investasi online.

Sebelum berinvestasi Anda perlu mengetahui dan mempelajari laporan keuangan perusahaan tersebut. Terdapat lima jenis laporan keuangan yang harus Anda ketahui sebagai pengetahuan dasar ketika awal berinvestasi yaitu, laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan modal, laporan neraca, dan catatan atas laporan keuangan. Dari lima jenis laporan keuangan ini ada satu laporan yang memiliki pengaruh besar, yaitu laporan laba rugi.

Apa kamu tahu jika informasi laba atau rugi perusahaan merupakan faktor utama dalam mengukur kinerja suatu perusahaan? Karena di dalam laporan laba rugi terdapat beberapa informasi penting yang berpengaruh untuk Anda, yaitu :

  • Memuat data untuk memperkirakan kinerja perusahaan dimasa yang akan datang.
  • Mengevaluasi kinerja suatu perusahaan.
  • Menjadi indikator penilaian risiko atau ketidakpastian mencapai arus kas di masa yang akan datang.
  • Menjadi indikator penentu nilai perusahaan.

Bagi para investor, laporan laba rugi suatu perusahaan menjadi informasi yang sangat dibutuhkan, bukan? Karena dari laporan ini, perusahaan dapat meningkatkan tingkat laba yang mereka punya, sehingga dapat menarik perhatian kalian para investor untuk menanamkan modalnya ke perusahaan mereka.

Menurut saya, laporan laba rugi sangat berpengaruh untuk investor karena berisi informasi mengenai suatu perusahaan. Selain itu, laporan laba rugi juga bermanfaat bagi kalian dalam mengevaluasi kinerja perusahaan, memprediksi dan mencari strategi di masa yang akan datang, dan membantu mengelola risiko pada arus kas di masa depan nanti.

Jika nanti Anda tertarik untuk berinvestasi, maka sangat disarankan untuk membaca dengan teliti agar dapat memperkuat kemungkinan keuntungan besar yang diperoleh.

Komentar