Mutami Matul Istiqomah
Mutami Matul Istiqomah
ilustrasi dua orang sedang mengobrol (Pexels/RODNAE Productions)

Menerima kritik dari seseorang selalu menjadi hal yang tidak menyenangkan. Bahkan seringkali satu kritikan menjadi beban pikiran berhari-hari. Dikritik oleh seseorang sering membuat kita menjadi minder, malu, dan seolah merasa salah kepada diri sendiri. Padahal, banyak pula kok kritik yang bertujuan agar kita menjadi lebih baik.

Menyikapi kritikan selalu memerlukan kepala dingin dan dada yang legowo. Karena bagaimanapun, kritikan harus kita dengar, bukan untuk dibantah maupun cari-cari alasan. Kamu harus bijak dan pandai memosisikan diri. Nah, berikut ini 5 tips menyikapi kritik dari seseorang dengan bijaksana.

1. Mendengarkan dan memilah

Tips menyikapi kritikan yang pertama adalah dengan mendengarkannya sampai tuntas. Tidak perlu memotong maupun sibuk memikirkan alasan. Jika kita menyangkal, bisa jadi berbuntut panjang. Dengan mendengarkan, bukan berarti kita merendahkan harga diri sendiri, tetapi sebagai bentuk empati dan menghargai orang lain. Karena biasanya saat mendengar kritikan, seseorang akan mudah tersulut emosi.

Dengan mendengarkan sampai tuntas, kita bisa memilah bahwa kritikan tersebut merupakan kritik yang membangun atau menjatuhkan. Kritik yang membangun selalu memiliki tujuan agar kita menjadi lebih baik. Kalimatnyapun bijaksana dan selalu terselip motivasi. Sedangkan kritik yang menjatuhkan semata-mata hanya untuk menyepelekan saja. Kalimatnyapun sekadar kalimat merendahkan seseorang.

2. Menerima bahwa kamu tidak sempurna

Tips menyikapi kritikan yang kedua adalah kamu harus menyadari bahwa tidak ada manusia sempurna, termasuk dirimu sendiri. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah meresapi kritikan dari orang lain. 

Dengan menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna, kamu pun menjadi merasa tidak mengapa jika harus menerima kritik. Bahkan kritikan yang membangun adalah sebuah teguran dan pancingan agar menjadi lebih baik.

3. Memperbaiki diri dari kritikan yang membangun

Selanjutnya memperbaiki diri dari kritikan yang membangun. Maksudnya, dari kritikan membangun itulah kamu bisa memilah sikap mana yang harus kamu pertahankan dan mana yang harus  diubah.

Jika memang ada sikap yang harus kamu ubah, jangan jadikan itu sebagai beban. Namun sebagai tanggung jawab agar kamu bisa menjadi manusia yang lebih baik. Ubahlah hal tersebut dengan tulus, tanpa merasa terpaksa maupun tertekan.

4. Berterimakasih

Tips menyikapi kritikan yang keempat adalah berterima kasih dengan orang yang sudah memberimu kritik. Bagaimanapun, hal tersebut adalah pemicu agar kamu memperbaiki diri.

Tidak semua orang mau menegur seseorang yang melakukan hal keliru. Kebanyakan karena merasa tidak enak dengan teman sendiri. Padahal, hal tersebut juga bertujuan untuk kebaikan. Jadi, jangan pernah membenci orang yang memberimu kritikan yang membangun.

5. Abaikan kritik yang menjatuhkan

Terakhir, adalah mengabaikan kritikan yang menjatuhkan. Kritik yang menjatuhkan tidak selayaknya mendapatkan posisi untuk kamu pikirkan. Buang jauh-jauh, seolah kamu tidak pernah mendengar. 

Pasalnya, kritikan yang menjatuhkan tidaklah bermanfaat apa-apa. Nantinya justru menjadi penghambat kamu melakukan berbagai hal karena terus merasa kepikiran dan menjadi beban. Kamu hanya perlu fokus dengan apa yang sedang kamu jalani sekarang ini. 

Nah, itu dia 5 tips menyikapi kritikan dari orang lain. Semoga bermanfaat

Komentar