Mutami Matul Istiqomah
Mutami Matul Istiqomah
ilustrasi perempuan melahirkan (pexels/Jonathan Borba)

Ketika teman melahirkan seorang bayi, tentu rasa turut haru dan bahagia akan menyelimuti hati kita dengan sendirinya. Seringkali, kita menyadari bahwa waktu berjalan dengan begitu cepat. Kita sudah memiliki bayi, teman kita pun sama. 

Namun, jangan lupakan buah tangan ketika hendak menengok temanmu yang baru melahirkan. Tidak hanya untuk si bayi, beberapa rekomendasi pemberian di bawah ini adalah hal yang tepat untuk diberikan kepada temanmu yang usai melahirkan.

1. Buah

Buah adalah makanan yang enak dan kaya akan vitamin. Tidak melulu diberikan kepada orang yang sakit. Untuk temanmu yang baru selesai melahirkanpun sangat cocok. Karena setelah melahirkan, seseorang membutuhkan dukungan untuk memulihkan tenaganya. Selain itu, dengan memakan buah yang teratur setiap hari, produksi ASI pun akan semakin berkualitas.

2. Camilan

Setelah seseorang melahirkan, biasanya secara alami akan menjadi sering merasa lapar dan ingin makan. Banyak perempuan yang mengatakan bahwa mereka ingin makan apapun, dan apapun yang ada selalu terasa enak. Jadi, tidak ada salahnya untuk membawakan temanmu camilan untuk memenuhi nafsu makannya yang meningkat.

3. Biskuit laktasi

Banyak perempuan yang mengeluhkan ASI yang tidak lancar ketika baru lahiran. Padahal itu adalah hal yang normal. Jangan berhenti untuk menyusui, meskipun awalnya memang hanya keluar sedikit ASI. 

Untuk membantu produktifitas ASI yang lancar, kamu bisa memberikan biskuit laktasi untuk temanmu. Sehingga, dia tetap semangat untuk memberi ASI kepada anaknya.

4. Pompa ASI

Ada kalanya seorang ibu menyusui merasa salah satu payudaranya keras dan nyeri. Itu disebakan oleh ASI yang tertampung. Untuk mengatasi hal tersebut, bisa dilakukan pompa ASI. 

Selain itu, bagi ibu pekerja pompa ASI sangatlah bermanfaat. Karena seorang ibu pekerja harus menyetok ASInya di rumah. 

5. Baju menyusui

Selepas melahirkan seorang perempuan membutuhkan baju menyusui. Baju menyusui berfungsi untuk mempermudah proses menyusui karena tidak ribet. 

Perempuan awal menyusui ketika ASInya sudah lancar, akan mudah sekali rembes. Jadi, akan sangat bermanfaat jika memiliki banyak baju menyusui. Apalagi menyusui si kecil dianjurkan sampai berusia 2 tahun. Baju menyusui yang banyak bisa untuk ganti sehari-hari. 

Nah itu dia 5 rekomendasi pemberian untuk teman yang baru melahirkan.

Komentar