Sumaiyah Putri
Sumaiyah Putri
Ilustrasi wanita dan sahabatnya.[Pexels/George Pak]

Tidak bisa dipungkiri bahwa kadang-kadang kamu merasa iri pada orang lain. Entah itu akibat prestasinya, profesinya, perjalanan asmaranya, dan lain-lain.

Sebenarnya, rasa iri adalah perasaan emosi yang muncul secara alami dan normal. Perasaan ini bisa muncul pada siapa saja, termasuk sahabat kamu sendiri. Sayangnya, rasa iri pada sahabat dapat berpotensi menghancurkan persahabatan jika tidak tahu untuk cara mengatasinya.

Daripada membuat suasana menjadi tidak nyaman, sebaiknya kamu menerapkan beberapa cara mengatasi rasa iri pada sahabat seperti berikut ini .

1. Belajar untuk lebih mengenali diri sendiri

Kamu juga harus mulai belajar cara untuk mengenali diri sendiri. Temukan apa yang kamu sukai, apa yang kamu inginkan, dan apa saja yang harus kamu lakukan untuk mencapai impian tersebut.

Jika kamu sudah berhasil mengenal diri sendiri, termasuk kelebihan dan kekurangan kamu, maka kamu akan menyadari bahwa kamu juga berharga. Jadi, tidak perlu untuk merasa iri pada sahabat, karena kamu dan sahabat kamu sama-sama memiliki nilainya masing-masing.

2. Melakukan hal-hal yang kamu sukai dan meningkatkan kualitas diri

Menyibukkan diri dan melakukan hal-hal yang kamu sukai juga merupakan salah satu cara untuk mengatasi rasa iri pada sahabat. Selain karena tidak memiliki waktu untuk memikirkan pencapaian sahabat kamu, kamu juga dapat meningkatkan kualitas pada diri kamu sendiri.

3. Tenangkan pikiran dan hati kamu

Perasaan iri pada umumnya muncul ketika pikiran lelah dan terus-menerus memikirkan hal-hal yang buruk. Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba untuk menenangkan pikiran dan hati kamu. Cara ini juga bisa menghilangkan rasa stres agar kamu bisa berpikir lebih jernih, terutama saat menyikapi prestasi sahabat kamu.

4. Tingkatkan rasa menghargai persahabatan

Bila kamu merasa iri ketika sahabat mendapatkan hal-hal yang baik, bisa jadi kamu tidak sepenuhnya menghargai persahabatan. Untuk itu, mulailah tingkatkan rasa menghargai persahabatan, agar kamu juga bisa selalu bahagia saat sahabat kamu bahagia.

5. Hindari tindakan yang buruk dalam persahabatan

Ketika kamu merasa iri pada sahabat, tidak jarang kamu sering melakukan tindakan yang buruk padanya. Misalnya, mengubah topik pembicaraan saat sahabat sedang bercerita tentang prestasinya. Nah, hal ini harus hindari.

Jika kamu bertindak seperti itu, tentu sahabat kamu akan merasa kecewa. Nantinya, suasana di antara kamu dan sahabat tidak nyaman hingga berujung pada retaknya persahabatan.

Itulah lima cara mengatasi rasa iri pada sahabat yang harus kamu coba, agar persahabatan kamu tetap awet dan bertahan lama. Semoga bermanfaat!

Komentar