Andhika Satria
Andhika Satria
Ilustrasi pria (Pexels/Nathan Cowley)

Menurut American Cancer Society, kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling umum diderita oleh pria. Meskipun demikian, ada jenis kanker prostat yang jenisnya tumbuh dengan lambat sehingga tidak membahayakan dan ada pula jenis kanker prostat yang bersifat agresif dan menyebar sangat cepat.

Faktor penyebab terbesar dari timbulnya kanker prostat pada usia muda ini ternyata ada pada pola hidup yang tidak sehat, mulai dari makan makanan yang kurang bergizi dan cenderung mengkonsumsi makanan cepat saji, obesitas karena makanan yang dikonsumi berlebihan, dan juga karena menjadi perokok berat. Hal-hal tersebut itulah yang dapat membuat resiko terkena kanker prostat menjadi lebih tinggi. 

Berdasarkan hasil studi yang dilansir dari Journal of the Chinese Medical Association mengatakan bahwa satu persen penderita dari kanker prostat itu sendiri berasal dari pria yang berusia dibawah 50 tahun. Lalu penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2019 juga menyimpulkan adanya peningkatan penderita kanker prostat pada remaja dan dewasa muda di beberapa negara dan kasusnya pun selalu meningkat secara stabil kurang lebih dua persen tiap tahunnya.

Setiap manusia pasti menginginkan kesehatan yang terjaga selama hidupnya, tidak ada seseorang pun di dunia yang ingin memiliki penyakit. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatan kita dengan selalu melakukan pengecekan terhadap tubuh kita di klinik ataupun rumah sakit minimal sebulan sekali.

Jangan sampai penyakit yang ada di tubuh kita yang kita tidak ketahui keberadaannya merenggut aktivitas dan kebahagiaan kita. Seperti yang kita ketahui, bahwa banyak sekali pria yang terkena kanker prostat di usia muda, padahal mereka tidak pernah menyadari ataupun mengeluhkan penyakit tersebut.

Semua masalah pasti ada solusinya, sebelum terjadinya masalah pun kita bisa berupaya mencegahnya, berikut ini adalah beberapa tips dalam mencegah timbulnya kanker prostat pada usia muda.

1. Pola Hidup Sehat

Pada dasarnya, semua penyakit timbul akibat dari pola hidup yang tidak sehat. Terutama para remaja pada zaman sekarang yang sangat malas untuk berolahraga dan beraktivitas, kemudian juga mereka cenderung suka mengkonsumsi makanan cepat saji karena dianggap praktis dan enak. Sehingga kepedulian akan makan makanan yang sehat berkurang dan mudah jatuh sakit karena asupan tubuh mereka tidak terpenuhi.

2. Makan Secukupnya

Hal ini merupakan yang terpenting, karena memang pada usia muda seringkali kita memakan makanan dalam jumlah yang banyak dan tidak terkendali, apalagi sekarang banyak variasi makanan yang baru dan menarik untuk kita makan yang dapat membuat kita menjadi lapar mata.

Hal inilah yang dapat menimbulkan obesitas. Menurut Harvard Health Publishing, pria yang memiliki kelebihan berat badan menambah resiko terkena kanker prostat sebanyak 8 persen. Kemudian pria yang obesitas dapat meningkatkan hingga 20 persen, yang paling beresiko apabila pria tersebut memiliki obesitas yang parah dapat meningkat hingga 34 persen.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya kita selalu menjaga nafsu makan kita agar terhindarnya dari obesitas yang dapat beresiko kanker prostat.

3. Rutin Kontrol ke Dokter

Tips yang terakhir ini memang sangat diremehkan bagi semua orang, karena masih banyak orang beranggapan bahwa ke dokter hanya ketika kita sedang sakit.

Pernyataan ini sangatlah salah, karena apabila memang penyakit itu telah ada, apa lebih baik kita tangani lebih awal agar dapat diantisipasi dengan baik? Kita bisa saja terpapar kanker prostat yang kita tidak ketahui ataupun rasakan karena memang penyakit tersebut baru muncul.

Ibarat seperti sepeda motor, kita tidak perlu menunggu motor tersebut rusak dulu baru kita ke bengkel untuk memperbaikinya.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker prostat, karena segala penyakit lebih baik dicegah daripada diobati.

Komentar