oce blue
oce blue
Ilustrasi seorang wanita dewasa (Pixabay)

Banyak orang yang sudah berusia dewasa, tetapi kelakuannya masih kekanak-kanakan. Namun, ada juga orang yang belum sepenuhnya menginjak dewasa, tetapi segala yang ia lakukan sudah menunjukkan tanda kedewasaan. Perilaku orang dewasa yang tepat adalah selalu menghargai orang lain. Di bawah ini ada 5 hal yang bisa kamu coba supaya terlihat lebih dewasa:

1. Diam ketika marah

Orang dewasa tidak pernah membesar-besarkan masalahnya. Mereka akan mengecilkan masalah besar dan melupakan masalah kecil. Untuk kamu yang sudah hampir menginjak dewasa, tapi masih sering melampiaskan kemarahanmu dengan hal-hal yang kurang baik, ubahlah hal itu mulai dari sekarang. Diam ketika pikiranmu sedang tidak dingin adalah pilihan yang sangat tepat.

2. Menjauhi perdebatan yang tidak penting

Mungkin terkadang ada saja orang yang berlebihan, mengajak berdebat hanya karena hal sepele. Jika mengalami hal demikian, hal yang kamu lakukan adalah mengalah atau menjauhi perdebatan. Apalagi kalau perdebatan itu tidak begitu penting. Selesaikanlah masalah dengan jalan damai dan kepala yang dingin.

3. Selesaikan masalah tanpa membawa orang lain

Jika sedang mempunyai masalah, jangan pernah menyangkutpautkan problematika itu dengan orang lain yang tidak ada kaitannya sama sekali. Bertanggungjawablah atas masalah yang kamu miliki. Jika kamu memang butuh bantuan, minta tolonglah kepada orang lain untuk membantu menyelesaikannya. Hal ini tentu berbeda dengan membawa orang lain ke dalam masalahmu.

4. Peduli kepada orang lain

Mungkin banyak dari kita yang masih kurang dalam hal simpati kepada orang lain. Tumbuhkan rasa peduli kepada orang di sekitarmu. Bantulah mereka tanpa ucapan minta tolong mereka. Balasan yang sangat luar biasa jika kamu bisa membantu orang lain dalam hal sekecil apapun.

5. Jangan egois

Usia dewasa bukan waktunya untuk selalu menang sendiri. Jangan selalu ingin menang sendiri. Jangan terlalu menuntut orang lain untuk mengikuti arahanmu. Lalu, janganlah marah jika terkadang orang lain tidak setuju dengan apa yang kamu ungkapkan. 

Lima hal di atas bisa kamu ungkapkan mulai saat ini. Jangan lupa juga untuk selalu menghargai keberadaan orang lain apapun profesi mereka. Semoga bermanfaat!

Komentar