Farida Hasanatul
Farida Hasanatul
Ilustrasi membuang sampah (Pexels.com)

Pulang ke kampung halaman atau lebih sering kita dengar dengan kata mudik merupakan salah satu hal yang lekat dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia. Umumnya momentum seperti ini akan dimanfaatkan untuk kumpul serta saling bersilaturahmi bersama keluarga.

Apabila kamu memiliki rencana untuk pulang kampung lebaran ini, pastinya hal tersebut membutuhkan persiapan yang sangat matang. Bukan hanya menyiapkan kendaraan yang akan dipakai untuk mudik ataupun bawang bawaan yang akan diangkut pula.

Tetapi, rumah kamu juga butuh untuk dibersihkan terlebih dahulu, agar tetap nyaman untuk dilihat kala kamu pulang kembali dari acara mudik.

Nah, berikut ini 4 tips untuk membersihkan rumah sebelum berangkat pulang ke kampung halaman.

1. Membuang sampah

Hal ini merupakan sesuatu yang wajib kamu lakukan sebelum pergi mudik ke kpung halaman, karena pastinya rumah akan ditinggalkan dalam waktu yang agak lama. Apabila kamu membuang sampah sebelum pergi, hal tersebut akan membuat rumahmu menjadi bersih dan juga untuk menghindarkan dari hal-hal yang tidak diharapkan selama kamu tinggal mudik. Misalnya saja masih ada makanan yang tersisa, maka hal tersebut bisa saja mengundang hama seperti tikus.

2. Membersihkan kulkas

Sebelum kamu mudik ke kampung halaman, ada baiknya untuk membersihkan isi di dalam kulkas serta memilah bahan makanan apa saja yang bisa membusuk selama kamu tinggal mudik.

Selain memilah bahan-bahan makanan, jangan lupa untuk membersihkan juga bagian permukaan yang ada di dalam kulkas. Dimulai dari rak sapai dinding kulkas. Sehingga, kulkas kamu akan nampak lebih lega serta bersih ketika kamu kembali dari kampung halaman.

3. Mencuci piring

Ketika kamu akan mudik, sebaiknya jangan sampai meninggalkan piring kotor menumpuk di wastafel, karena piring kotor yang menumpuk bisa mendatangkan banyak serangga, seperti tikus masuk ke dapur kamu. 

Ada baiknya kamu mencuci bersih semua piring kotor yang menumpuk di atas wastafel dapur. Kamu bisa mengerjaknnya ketika malam sebelumnya ataupun saat pagi hari sebelum pergi mudik.

4. Membereskan barang yang berceceran

Sebelum pergi mudik sebaiknya kamu benar-benar memastikan agar jangan sampai ada barang-barang yang berceceran di rumah. Hal tersebut akan menjadikan rumahmu lebih rapi dan juga bersih.

Kamu juga tidak perlu berurusan lagi dengan rumah yang tampak berantakan setelah kembali dari pulang kampung. Sehingga kamu dapat langsung beristirahat tanpa perlu membersihkan rumah.

Itulah tadi beberapa tips membersihkan rumah sebelum pergi mudik ke kampung halaman, semoga bermanfaat.

Komentar