Ina Barina
Ina Barina
Takeshi Kamura dan Keigo Sonoda di Olimpiade Tokyo 2020

Dunia bulutangkis Internasional saat ini tengah diramaikan oleh banyaknya kabar gantung raket dari para atlet unggulan yang berasal dari berbagai negara. Ramai kabar gantung raket ini dinilai sebagai salah satu dampak dari selesainya Olimpiade Tokyo 2020, ajang kompetisi paling prestisius yang pastinya dinantikan oleh seluruh atlet nasional di berbagai cabang olahraga.

Kabar dibuka langsung dengan gantung raket dari ketiga pemain bulutangkis unggulan Jepang, kemudian disusul dengan atlet unggulan Malaysia dan yang terbaru secara mengejutkan datang dari atlet unggulan Tiongkok.

Berikut ini adalah daftar atlet internasional yang telah resmi gantung raket pasca Olimpiade Tokyo 2020 : (data per 14 September 2021)

1. Takeshi Kamura

Takeshi Kamura merupakan pemain bulutangkis unggulan Jepang dan juga kapten bagi Jepang di berbagai turnamen Internasional. Secara mengejutkan, namanya dikonfirmasi tidak akan ikut dalam Sudirman Cup 2021 dan disusul dengan kabar gantung raket setelahnya.

Kabar tersebut pun telah dikonfirmasi kebenarannya oleh Takeshi Kamura melalui pesan panjang yang ia unggah di instagramnya, @kamura_takeshi. Ia telah berkarier di Timnas Jepang selama 14 tahun dan telah mampu menjadi salah satu ganda putra terbaik dunia, bersama rekannya Keigo Sonoda.

2. Keigo Sonoda

Bersama dengan Takeshi Kamura, saat ini Keigo Sonoda berada pada peringkat 6 Badminton World Federation (BWF) Rangkings. Mereka dikenal sebagai salah satu ganda putra unggulan Jepang yang menjadi lawan berat bagi para petandingnya, tak terkecuali bagi pasangan ganda putra Indonesia yaitu Kevin S. Sukamuljo/Marcus F. Gideon. Selain itu, mereka juga dikenal sebagai salah satu pasangan atlet kegemaran masyarakat karena sikap ramah dan hangat mereka di setiap pertandingan.

3. Hiroyoki Endo

Hiroyoki Endo merupakan atlet bulutangkis senior Jepang yang saat ini berhasil meraih peringkat 5 BWF Rangkings bersama dengan partner mudanya, Yuta Watanabe. Kabar gantung raket dari Hiroyoki Endo sukses mengejutkan masyarakat ditengah prestasinya dalam sektor ganda putra saat ini masih terbilang sangat stabil.

Ia dikenal sebagai salah satu atlet bulutangkis unggulan Jepang yang memiliki kualitas permainan di lapangan yang sangat luar biasa. Meskipun memilih untuk gantung raket, Hiroyoki Endo dikabarkan akan tetap berkontribusi di dunia bulutangkis.

4. Goh Jin Wei

Goh Jin Wei merupakan atlet bulutangkis tunggal putri unggulan Malaysia yang secara mengejutkan merilis kabar gantung raket di usia yang masih sangat muda, 21 tahun. Keputusan gantung raket dari Goh Jin Wei ini tentunya sukses memberi pukulan besar bagi Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) yang tengah mempersiapkan para atlet mudanya menuju Olimpiade Paris 2024.

Goh Jin Wei mengkonfirmasi alasannya gantung raket adalah karena penyakit perut yang dideritanya, yang bahkan diketahui memaksanya untuk melakukan operasi pada pertengahan 2019 silam.

5. Han Chengkai

Han Chengkai merupakan salah satu atlet bulutangkis unggulan Tiongkok yang telah berhasil menduduki peringkat 18 BWF Rangkings bersama rekannya, Zhou Haodong. Namanya yang tidak muncul dalam deretan daftar pemain Tiongkok untuk Sudirman Cup 2021 rupanya belum cukup mengejutkan masyarakat, ia kembali membawa kabar mengejutkan dengan pengumuman pensiun dari bulutangkis Internasional. Kabar ini sukses meramaikan dunia penggemar bulutangkis Internasional, mengingat usia Han Chengkai masih 23 tahun. Alasan mengenai pilihan pensiun Han Chengkai saat ini masih belum diketahui.

Itulah 5 atlet bulutangkis Internasional yang dikabarkan dan dikonfirmasi telah melakukan 'gantung raket'. Apa ada salah satu idolamu?

Komentar