Rozi Rista Aga Zidna
Rozi Rista Aga Zidna
Tangkapan layar bocil sahur sambil ngantuk (Instagram/@video_medsos)

Selain syarat dan rukun, di dalam ibadah puasa juga terdapat amalan-amalan sunah. Berbagai amalan sunah tersebut tidak boleh diabaikan agar mendapat keutamaan dan kesempurnaan puasa. Salah satu amalan sunah puasa adalah makan sahur

Aktivitas sahur ini bisa dilakukan dengan memakan nasi, makanan ringan, kurma, atau pun dengan seteguk air. Sementara itu, waktunya ialah dari tengah malam sampai sepertiga malam atau sebelum terbit fajar.

Dengan waktu yang dibatasi tersebut, tidak sedikit shaim (orang yang menjalani ibadah puasa) telat bangun. Baru saja bangun dari tidur, sudah imsak (perhatian untuk berhenti makan sahur), padahal belum sebutir nasi pun yang disantap. Akibatnya, perut lapar saat di siang hari.

Berkaitan dengan waktu sahur yang harus bangun di tengah enak-enaknya tidur itu, terdapat tayangan video bocil yang menarik perhatian saat sedang makan sahur. Dalam video yang diposting oleh akun Instagram @video_medsos pada Rabu (27/4/2022) ini, tampak para bocil sedang makan sahur, demi mendapat keutamaan puasa.

Uniknya bocil-bocil tersebut tidak kuat menahan rasa kantuk mereka. Diduga mereka kurang tidur atau baru saja tidur, lalu dibangunkan lagi untuk makan sahur. Akibatnya, bocil-bocil itu tidak kuat mengunyah makanan yang baru saja disuapnya.

Di antara mereka ada yang tangannya tetap di piring. Diduga hendak mengambil nasi, lalu mengangkatnya ke mulut. Namun, sebab rasa kantuk yang terus menderanya, dia tidak mampu melakukan itu.

Setelah mampu tangannya mengangkat nasi yang ada di piring ke mulutnya, dia pun lupa mengunyahnya. Satu kali suapan, berkali-kali ngantuk menyerang.

Tidak jarang pula kepalanya berkali-kali turun sendiri dengan perlahan di luar kesadaran. Makan sahur benar-benar penuh perjuangan. Terutama berjuang melawan rasa kantuk.

"Keburu Subuh, Dek," tulis akun @video_medsos sebagai keterangan unggahan video ini.

Hingga berita ini dirilis, postingan video tersebut telah dilihat puluhan ribu kali dan mendapat lebih dari 800 tanda suka. Beberapa warganet juga ikut meramaikan kolom komentar.

"Semua pernah ngerasain kayak gini masa-masa kecil," tutur salah satu warganet seolah nostalgia masa-masa kecilnya dulu.

"Pernah ngerasin juga, Min," di antara mereka juga ikut menyadari.

"Cara makannya sama kayak aku, diremed biar tercampur semua bumbunya ke sela-sela nasi," ujar warganet mengomentari aksi makan bocil sebelahnya yang sedang asyik makan sahur dengan nasi yang langsung dicampur aduk bareng lauknya.

Komentar