Shinta Ci
Shinta Ci
Potret Jungkook BTS (Soompi)

Karena Spotify adalah salah satu platform streaming musik terbesar di seluruh dunia, Spotify memberikan banyak penekanan pada Pendengar Bulanan. Pendengar bulanan Spotify sering dianggap penting di industri musik karena dapat menggambarkan seberapa baik kinerja seorang artis atau misis.

Sangat mengesankan bahwa Jungkook BTS juga telah menciptakan prestasi luar biasa sebagai solois K-pop. Padahal dia hanya memiliki satu lagu Solo yang dikreditkan atas namanya di Spotify.

Pada tanggal 14 Mei 2022, Allkpop melaporkan bahwa pendengar bulanan Jungkook di Spotify telah mencapai 7 juta hanya dengan satu lagu OST webtoon, yaitu 'Stay Alive'. Jungkook BTS sekarang adalah solois pria tercepat yang berhasil meraih 7 juta pendengar bulanan Spotify, yaitu hanya dalam 28 hari.

Jungkook juga memegang puncak tertinggi ke-3 solois pria Korea dengan pendengar bulanan terbanyak di Spotify. Mengutip dari Allkpop, berikut adalah daftar solois pria dengar pendengar bulanan terbanyak di Spotify sejauh ini:

  1. Suga - 11.627.758 pendengar dengan 5 lagu
  2. RM - 7.849.965 pendengar dengan 10 lagu
  3. Jungkook - 7.026.125  pendengar dengan 1 lagu
  4. V - 5.567,91 pendengar dengan 6 lagu
  5. Jimin - 4.288.817 pendengar dengan 1 lagu

Sekadar informasi, penyanyi yang memiliki nama asli Jeon Jungkook tersebut lahir pada 1 September 1997, di Busan, Korea Selatan. Keluarganya terdiri dari orang tua dan seorang kakak laki-laki.

Ia bersekolah di Sekolah Dasar dan Menengah Baekyang di Busan. Ketika menjadi trainee, dia dipindahkan ke Singu Middle School di Seoul. Jungkook awalnya bercita-cita menjadi pemain bulu tangkis ketika ia masih muda, tapi setelah melihat G-Dragon menyanyikan 'Heartbreaker' di televisi, hal itu mempengaruhi dia untuk ingin menjadi seorang penyanyi juga. 

Pada tahun 2011, Jungkook BTS mengikuti audisi untuk acara bakat Korea Selatan Superstar K. Meskipun tidak lolos, ia menerima tawaran untuk menjadi trainee di bawah Big Hit Entertainment. Untuk melatih keterampilan menarinya dalam persiapan debut, ia pergi ke Los Angeles selama musim panas 2012 untuk menerima pelatihan menari dari Movement Lifestyle. Pada bulan Juni 2012, ia muncul di musik video "I'm Da One" milik Jo Kwon dan juga bekerja sebagai penari cadangan untuk Glam sebelum debutnya.

Ia lulus dari School of Performing Arts Seoul pada tahun 2017, lalu pada Maret 2022. Jungkook BTS menerima gelar sarjana dari Departemen Penyiaran dan Hiburan Global Cyber University.

Selamat untuk Jungkook BTS atas torehan prestasinya yang mengesankan!

Komentar