Shinta Ci
Shinta Ci
Potret Kim Garam LE SSERAFIM (Soompi)

Pada tanggal 21 Mei 2022, Soompi melaporkan jika agensi Source Music telah merilis pernyataan tambahan untuk meluruskan beberapa hal mereka mengenai tuduhan kekerasan sekolah yang dilakukan oleh Kim Garam LE SSERAFIM.

Seperti yang diketahui, bulan lalu, Kim Garam tersapu dalam berbagai tuduhan bullying di sekolah setelah teaser debut pertamanya untuk LE SSERAFIM dirilis.

Pada saat itu, pihak Source Music menyangkal semua tuduhan itu dan mengklaim bahwa Kim Garam telah menjadi korban bullying di sekolah. Mereka juga mengumumkan rencana mereka untuk mengambil tindakan hukum terhadap mereka yang telah membuat tuduhan jahat terhadap Kim Garam.

Awal pekan ini, kontroversi atas tuduhan itu berkembang ketika sebuah foto dokumen yang tampaknya merupakan catatan resmi dari rapat komite kekerasan sekolah mulai beredar secara online. Dokumen tersebut mencantumkan Kim Garam sebagai pelaku dalam insiden bullying tersebut.

Pada 19 Mei 2022, perwakilan hukum dari korban bullying tersebut (selanjutnya disebut sebagai “Y”) merilis pernyataan yang mengonfirmasi bahwa dokumen yang beredar itu nyata dan bahwa Kim Garam telah dinyatakan bersalah atas bullying di sekolah oleh komite pada tahun 2018 lalu.

Firma hukum korban kemudian meminta Kim Garam dan juga Source Music untuk meminta maaf dan mengubah pernyataan mereka sebelumnya yang mengklaim Kim Garam menjadi korban.

Hari berikutnya, pada tanggal 20 Mei 2022 Source Music menanggapi dengan pernyataan mereka sendiri di mana mereka mengklaim bahwa meskipun benar bahwa Kim Garam telah dinyatakan bersalah atas kekerasan di sekolah pada tahun 2018, dia tidak melakukan serangan fisik apa pun.

Menurut Source Music, "Y" telah mengambil foto salah satu teman Kim Garam saat mereka sedang berganti pakaian dan hanya mengenakan pakaian dalam, lalu mempostingnya secara online tanpa izin mereka, dan Kim Garam dengan marah mengkonfrontasi "Y" tentang tindakannya.

Source Music juga menuduh bahwa “Y” tidak menerima tindakan disipliner atas kesalahannya, sementara Kim Garam dan salah satu temannya telah dihukum hanya karena mengkonfrontasinya.

Kim Garam menerima tindakan disipliner Tingkat 5 dari komite kekerasan sekolah, yang berarti bahwa dia dan orang tuanya akan diberi bimbingan psikologi khusus tentang bahaya kekerasan.

Di Korea Selatan, komite kekerasan sekolah biasanya akan mengambil beberapa tindakan disipliner jika terjadi kasus bullying.

Ada sembilan disipliner menurut tingkat keparahan bullying: tingkat 1 ( paling ringan) adalah memerintahkan pelaku untuk meminta maaf, sedangkan tingkat 9 (paling keras) adalah di keluarkan dari seolah.

Karena Kim Garam menerima disipliner tingkat 5, itu artinya orangtuanya harus sudah ikut campur karena ini adalah masalah yang serius karena melibatkan kekerasan fisik.

Menurut Departemen Pendidikan Korea, disipliner tingkat 5 adalah “tindakan yang diambil untuk mereformasi pola pikir mereka tentang kekerasan dan membuat mereka merenungkan tindakan mereka melalui bantuan seorang profesional.”

Pihak Source Music sendiri telah membenarkan jika Kim Garam pernah mendapatkan disipliner tingkat 5 di sekolahnya, tapi menyangkal adanya kekerasan fisik.

Oleh karena itu, banyak publik yang  kebingungan tentang bagaimana Kim Garam bisa mendapat tindakan disipliner tingkat 5 tanpa adanya kekerasan fisik.

Pada 21 Mei 2022, Source Music kemudian merilis pernyataan tambahan untuk meluruskan hal tersebut. “Tindakan disipliner tingkat 5 telah diambil meskipun sama sekali tidak ada kekerasan fisik,” kata pihak Source Music.

Mereka melanjutkan, “Sejauh yang kami ketahui, komite kekerasan sekolah akan mengambil tindakan disipliner secara berbeda tergantung pada masalahnya, peraturan sekolah dan distrik, juga keputusan anggota [komite].”

“Saat itu, ibu Kim Garam percaya bahwa sekolah [komite kekerasan] telah membuat keputusan yang paling benar untuk putrinya, jadi dia tidak mengajukan banding atas keputusan tersebut. Sekarang, ibu Kim Garam sangat menyesal karena dia tidak menentang tingkat tindakan disiplin komite kekerasan sekolah dan hanya menerimanya. Tetapi pada saat itu, dia berpikir itu adalah cara terbaik untuk mendidik putrinya,” ujar pihak Source Music lagi.

Sementara itu, pihak Source Music juga mengumumkan kemarin bahwa Kim Garam akan hiatus sementara dari kegiatan grup, jadi LE SSERAFIM mempromosikan sebagai grup beranggotakan lima orang untuk saat ini.

Itulah update terbaru dari kasus Kim Garam LE SSERAFIM. Jadi, apa pendapatmu mengenai masalah ini?

Komentar