Lintang Siltya Utami | Ninyoman Sutini
Best Mobile Network in Indonesia [XL]
Ninyoman Sutini

Setiap manusia pasti punya rasa kesal ya, kan? Apalagi kalau soal pekerjaan yang tertunda, hanya gara-gara nggak bisa submit laporan terkendala internet yang loadingnya lama banget. Rasanya kesal sekali, saya pernah mengalami, akhirnya deadline jadi mundur dan nggak sampai kena sangsi untungnya.

Berbekal pengalaman di atas, saya nggak mau pekerjaan tertunda apalagi sampai mengecewakan klien. Nah, saya langsung hunting provider lain yang dapat mendukung segala aktivitas berselancar. Selain ibu rumah tangga, saya juga pekerja digital freelance, apa saja yang bisa menghasilkan di dunia digital, saya jabanin. Oleh sebab itu, penting banget dengan internet yang wus-wus. Ditambah saya sedang nelateni affiliate, butuh ngelive dan bikin video cepat agar bisa diunggah segera. Tanpa internet cepat, rasanya hambar sekali.

Bukan cuma soal internet yang saya butuh, tapi jaringannya harus cepat serta stabil. Misalnya lagi ada hujan deras, tetap stabil nggak goyah hanya karena hujan. Itu penting banget. Warganet kadang banyak yang curhat, kalau pakai provider tertentu pas hujan datang suka kesusahan sinyal. Padahal katanya udah beli kuota mahal-mahal, sayang banget itu sih.

Tapi akhir-akhir ini ramai di Threads dan X ada cerita yang keren dari warganet. Mereka banyak cerita kalau mereka punya pengalaman seru pas pakai internet dari XL. Dari yang sebelumnya terus pindah ke jaringan XL, eh lebih gong, cepat, dan tentunya stabil. Sehingga yang hobi nonton nggak boring, nggak hilang mood pas sinyal lelet. Tahu sendiri kan, kalau lagi asyik nonton, eh tiba-tiba internet ngadat. Nah, kalau macam aku, ya senang sekali upload bisa cepat, ngelive juga lancar, dan cari rejeki makin semangat.

Iklan yang Bikin Medsos Ramai

Wara-wiri buka media sosial, eh iklan itu lagi dan nggak bosan. Pantas saja banyak yang ngomongin kalau iklan terbaru (TVC) XL yang bold dan berani menantang market leade. Jadi adegan itu menampilkan balap antara dua mobil, dengan warna merah dan biru.

Nggak usah diomongin juga tahu ya, kalau biru itu mobil yang mewakili XL dan berhasil menang balapan. Judul TVC-nya adalah: Runtuhkan Dominasi Lama, XL Resmi jadi Jaringan Nomor 1 di Indonesia. Yang mana berarti bahwa XL sudah berhasil mengalahkan provider yang awalnya nomor satu di Indonesia tersebut.

Bukan isapan jempol belaka, nyatanya XL Smart memang berhasil menyabet gelar Best Mobile Network in Indonesia dari Ookla Speedtest Awards di awal tahun 2026. Semula gelar ini pernah diraih oleh si merah lho, dan kini diraih oleh XL karena memang banyak menjadi pilihan netizen di Indonesia.

Coba perhatikan sudut atas TVC ada logonya lho, XL 5G+ dan di pintunya juga ada tulisan 5G. Tidak heran jika XL meraihnya, soalnya ia sudah pakai teknologi Blanket Coverage Network. Teknologi yang memberikan jaringan menyeluruh dan merata di seluruh wilayah Indonesia. Jaringannya juga stabil nggak hanya di dalam ruangan namun juga luar ruangan. Nah, jaringan XL 5G+ tersebut akan memastikan cakupan menyeluruh, dan menghilangkan zona mati atau saat pindah lokasi. Tahu nggak kecepatan rata-ratanya? Melebihi 500 Mbps, lho. Gebrakan barunya lagi nggak perlu repot tukar SIM, itu akan otomatis berfungsi pada ponsel 4G ataupun 5G.

Saatnya Ganti Provider agar Mudah Dapatkan Peluang

Trend di media sosial soal netizen ganti provider ke XL, ini memang luar biasa. Jaringan 5G XL Smart kini sudah hadir di 52 kota dan 15 ribu menara BTS per semester 2026, bisa jadi akan terus bertambah dan meningkat seiring dengan banyaknya pelanggan yang mendapatkan keuntungan. Kalau sudah merasakan jaringan 5G dari XL pastilah happy, apalagi dengan ponsel yang sudah mendukung jaringan 5G, sudah deh langsung terhubung.

Banyak pekerja digital saat ini yang butuh internet lancar dan cepat karena bisa mendapatkan peluang lebih kalau internet lancar. Dengan 500 Mbps itu bisa mengunduh file besar dengan mudah, video berevolusi tinggi juga asyik dinikmati, dan masih banyak lagi. Nah, marak juga nih streaming film, acara, pastinya aman dalam menonton tanpa terkendala jaringan lelet. Kalau ada yang cepat dan tepat, kenapa pilih yang lambat.