Denisa
Denisa
Potret Gaho saat berhasil mendapatkan penghargaan di ajang MAMA 2020 (Instagram/ad_gaho)

Siapa yang belum kenal dengan penyanyi asal Korea Selatan, Gaho? Buat kamu yang sudah pernah nonton drama Itaewon Class atau “Start-Up” pasti tidak asing lagi dengan penyanyi ini.  Gaho merupakan salah satu penyanyi yang mengisi soundtrack pada dua drama tersebut.

Nama aslinya adalah Kang Dae Ho, sedangkan ia menggunakan nama panggung Gaho, yang merupakan nama panggilannya sejak kecil. Gaho memiliki arti ‘karunia dari Tuhan’.

Ia merupakan solois pendatang baru, karena baru debut tahun 2018. Suaranya yang merdu memiliki ciri khas tersendiri. Gaho tidak hanya pandai dalam menyanyikan sebuah lagu, namun ia juga memiliki kemampuan dalam menciptakan serta mengaransemen lagu.

Terbukti, pada tahun 2018 Gaho memproduseri sebuah lagu dari soundtrack drama “While You Were Sleeping”, dengan judul lagu “Come to Me” yang dinyanyikan oleh Lee Jong Suk.

Penyanyi kelahiran 14 September 1997 ini memulai debutnya pada 5 Desember 2018 dengan single “Stay Here”. Sebelum resmi debut, Gaho juga sudah mengisi OST drama “Time” dengan judul lagu yang sama dengan dramanya.

Mini album perdana Gaho, “Preparation For a Journey” dirilis pada 11 Desember 2018. Hal tersebut menandakan debut solonya secara resmi.

Gaho sudah banyak menciptakan serta menyanyikan lagu. Selain itu, ia sudah mencetak beberapa kemenangan pada lagu-lagunya. Salah satu contohnya, lagu “Start Over” berhasil meraih piala MAMA 2020 kategori OST terbaik.

3 lagu di bawah ini merupakan rekomendasi lagu-lagu terbaik dari Gaho, ada lagu apa saja itu?

1. “Start Over”

Lagu ini sangat sesuai dengan dramanya yang menceritakan perjuangan si tokoh utama untuk meraih mimpinya.

Untuk kamu yang sedang patah semangat, merasa putus asa, atau merasa jika dunia sedang tidak berpihak pada kamu, coba deh dengarkan lagu ini baik-baik.

2. “Wish”

Lagu ini merupakan soundtrack dari drama “Stranger 2”. Bercerita tentang seseorang yang sedang berada di posisi jatuh dalam hidupnya. Ia merasa bahwa semuanya terasa kelam dan gelap. 

Orang itu berharap semoga ada orang yang mau menolongnya dari keterpurukan, mau menggandengnya dan mengajaknya tertawa kembali. Lagu ini cocok untuk kamu yang sedang merasa duniamu benar-benar terpuruk.

3. “Stay Here”

“Stay Here” merupakan single pertama Gaho. Berkat single ini, nama Gaho lebih dikenal oleh khalayak luas. 

Lagu ini menggambarkan sebuah pasangan. Ketika salah satu orang dari pasangan tersebut sebenarnya masih membutuhkan keberadaan pasangannya untuk tetap berada di sampingnya, menemaninya, dan tidak meninggalkannya. Jadi orang tersebut sebenarnya tidak rela kalau orang yang dia sayang pergi dan tidak ada lagi di sisinya.

Selain 3 lagu di atas, masih banyak lagu Gaho lain yang bisa kamu dengarkan. Gaho juga sering menyanyikan lagu dari penyanyi lain kemudian dia upload di channel Youtubenya sendiri.

Komentar