Riva Khodijah
Riva Khodijah
Ilustrasi Anak Rantau. (pixabay.com/Free-Photos)

Bila memandang dari segi kenyamanan, siapa pun ingin bisa menempuh pendidikan atau mencari penghasilan di daerah sendiri, dan bila memungkinkan, dekat dengan rumah tinggal. Akan tetapi, tak ada salahnya bila kamu memilih merantau.

Kendati merupakan pilihan yang menantang, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mampu keluar dari zona nyaman dengan memilih merantau. Ini dia beberapa manfaat tersebut!

1. Melatihmu untuk bisa beradaptasi

Ketika merantau, mau tak mau kamu harus menyesuaikan dengan berbagai kebiasaan dan budaya setempat. Hal ini akan melatih kemampuan adaptasi, yang mana skill tersebut akan sangat menguntungkan ketika kamu terjun di dunia kerja.

Orang yang mudah beradaptasi, akan lebih gampang menyambut perubahan, dan menggali kesempatan di tengah perubahan tersebut. Sementara orang yang kesulitan beradaptasi, umumnya akan keras kepala, dan susah menyesuaikan dengan perubahan yang ada.

2. Melatih sikap mandiri

Ketika merantau, kamu harus melakukan apa pun sendiri. Tak ada orang tua yang biasanya selalu membantumu. Yang semula tinggal makan, sekarang harus masak sendiri, atau keluar membeli makan di warung makan. Yang semula kamar tidurnya sudah rapi karena telah dibersihkan oleh ibu, kini harus membersihkan dan merapikannya sendiri.

Namun, kemandirianmu ini membuatmu jadi pribadi yang tidak manja dan memiliki inisiatif tinggi. Kamu telah terbiasa memecahkan masalah sendirian, sehingga gak selalu bergantung pada orang lain.

3. Menambah pengalaman baru

Tempat baru, kebiasaan baru, serta orang-orang baru. Dari pilihan merantau ini, kamu jadi punya banyak pengalaman baru yang turut menambah warna dalam hidupmu.

Berbagai pengalaman tersebut, juga membentuk kepribadianmu jadi lebih bijaksana. Karena dari merantau ini, kamu belajar banyak makna toleransi.

4. Membuatmu pintar dalam mengelola keuangan

Dengan merantau, kamu jadi paham betul berapa anggaran untuk makan atau kebutuhan sehari-hari, supaya uang yang ada mencukupi. Mau minta orang tua terus, kan, malu.

Tapi dengan pengalaman ini, membuatmu jadi terlatih disiplin dan pintar dalam mengelola keuangan. Kamu terhindar dari sikap boros, atau membeli sesuatu karena gengsi. Harus menghemat soalnya!

Nah, itu dia beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan dari merantau. Menurutmu, manfaat apa lagi yang bisa didapat dari merantau?

Komentar