Putri Puspita Herlin
Putri Puspita Herlin
Ilustrasi Twitter. [Shutterstock]

Komunikasi merupakan bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Pada zaman modern seperti saat ini, banyak bermunculan bahasa-bahasa baru yang tercipta baik di kalangan remaja maupun orang dewasa. Bahasa ini biasa kita kenal sebagai "Slang Word" atau Bahasa Gaul.

Apa itu Slang Word? Slang sendiri dilihat dari sudut pandang Sosiolinguistik merupakan variasi sosial yang bersifat khusus, rahasia, dan terbatas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Slang Words adalah jenis bahasa tidak resmi yang bersifat musiman. "Slang Word" atau Bahasa Gaul merupakan bahasa tidak baku yang tidak dapat kita temukan setiap katanya dalam KBBI. 

“Slang Word” atau Bahasa gaul ini dapat kita jumpai baik secara lisan maupun tulisan, salah satu contohnya dapat kita temui melalui media sosial seperti Twitter. Media sosial Twitter sendiri merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan mulai dari kalangan anak muda hingga paruh baya untuk membagikan segala informasi ataupun aktivitas mereka.

Para pengguna Twitter tentunya memiliki "Slang Word" atau Bahasa Gaul yang hanya dipahami oleh mereka saja. Oleh karena itu, saya akan memperkenalkan beberapa "Slang Word" atau Bahasa Gaul yang sering digunakan di media sosial Twitter lengkap dengan arti dan asal katanya. Penasaran? Yuk, kita bahas!

1. JFB (Janji Follow Back)

JFB atau Janji Follow Back biasa digunakan pengguna Twitter ketika seseorang meminta kepada orang lain untuk mem-follow/mengikuti akun Twitternya, maka ia akan memberikan janji berupa mem-follow back atau mengikuti kembali akun Twitter yang telah meminta pertemanan kepada mereka.

2. Mutual dan Mutualan

Mutual dan Mutualan memiliki artian yang sama dengan follow dan follback pada Instagram. Mutual memiliki artian berteman sedangkan mutualan adalah ajakan untuk berteman. 

3. CMIIW (Correct Me If I’m Wrong)

CMIIW  merupakan singkatan yang diambil dari Bahasa Inggris yang memiliki arti “Koreksi saya jika salah.” CMIIW biasanya digunakan ketika seseorang memberikan informasi, tetapi masih ragu akan kebenarannya. Maka, mereka akan meminta koreksi dari yang lain dengan menggunakan kata CMIIW tersebut.

4. WDYT (What Do You Think?)

WDYT sama halnya dengan CMIIW, WDYT, juga merupakan singkatan yang diambil dari Bahasa Inggris yang berarti “Apa pendapat anda?.” WDYT biasa digunakan ketika seseorang meminta sebuah pendapat kepada orang lain mengenai suatu hal yang sedang diperbincangkan.

5. SALTY (Garam)

SALTY merupakan bahasa Inggris dari garam. Biasanya pengguna Twitter menggunakan kata ini untuk menggambarkan kata “geram” yang merupakan plesetan dari kata "garam." Kata SALTY biasa digunakan untuk menunjukan kekesalan kita akan suatu hal atau topik yang sedang jadi perbincangan.

6. OOT (Out Off Topic)

OOT memiliki arti “keluar dari topik” dalam Bahasa Indonesia. Biasanya kata ini digunanakan ketika seseorang mulai keluar dari topik pembahasan yang sedang didiskusikan. Maka mereka akan memberitahu dengan kata OOT sebagai kata pemberitahuan.

7. OOMF (One of My Followers)

OOMF dalam Bahasa Indonesia memiliki arti “salah satu pengikut saya." OOMF ini biasa digunakan oleh para pengguna Twitter untuk memberitahu orang lain bahwa seseorang telah menjadi pengikutnya, atau telah berteman dengannya di media sosial Twitter.

8. TL (Time Line)

TL merupakan singkatan dari (Time Line) atau beranda Twitter. Beranda Twitter atau TL ini biasanya berisikan postingan Twitter berupa informasi ataupun kegiatan pribadi dari orang-orang yang telah kita follow atau ikuti pada media sosial Twitter.

Itulah beberapa “Slang Word” atau Bahasa Gaul yang sering digunakan oleh para pengguna Twitter. Kebanyakan Bahasa gaul pada media sosial Twitter ini merupakan singkatan atau pemendekan kata dari Bahasa Inggris agar mudah diucapkan saat berkomunikasi dengan yang pengguna Twitter lainnya. 

Komentar