Dea Nabila Putri
Dea Nabila Putri
Pernahkah kamu merasa hal yang kamu lakukan terasa sia-sia? (sumber : unsplash.com/deanabilapu)

Semua orang memiliki mimpi masing-masing. Semua orang juga memiliki jalan masing-masing untuk menggapai mimpi tersebut. Namun bagi sebagian orang, mimpi hanyalah sebuah mimpi karena tidak ada aksi yang bisa dilakukan untuk menggapainya.

Motivasi untuk menggapai mimpi bisa didapatkan dari mana saja, asalkan niat yang tulus dan tekad yang kuat bisa dilakukan dengan komitmen. Kesuksesan tidak hanya dinilai dari uang, tapi juga proses dan usaha yang telah diperjuangkan.

Untuk mencapai mimpi yang kita inginkan, ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah konsisten dalam mengambil jalan menuju impian.

Berikut 5 hal ini tidak akan pernah sia-sia untuk kamu lakukan untuk mencapai mimpimu:

1. Menjaga kesehatan

Sejak kecil, kita biasa dihadapkan dengan kegiatan fisik seperti berenang, bermain bulu tangkis, berjalan kaki dalam jarak yang jauh, atau jenis kegiatan fisik lainnya. Hal tersebut ditujukan agar kita memiliki fisik yang kuat dan terbiasa untuk melakukan aktivitas yang berat dalam jangka waktu yang lama.

Bukan hanya itu, kita juga diajarkan untuk makan makanan 4 sehat 5 sempurna untuk memenuhi nutrisi setiap harinya. Dengan menjaga kesehatan sejak dini, kita bisa mengurangi resiko penyakit di masa depan sehingga tidak akan mengganggu proses kita mencapai impian.

2. Mengemban ilmu sepanjang hidup

Ada orang yang berkata bahwa ilmu adalah investasi seumur hidup. Ya, dengan ilmu yang kita miliki, kita bisa menyebarkannya dengan orang lain sehingga kita menjadi orang yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Ilmu yang kita pelajari juga bukan tentang ilmu di sekolah saja, melainkan ilmu seperti ilmu kehidupan, psikologi, dan ilmu bermanfaat lain untuk keberlangsungan hidup.

3. Membangun bisnis 

Bisnis yang dibangun tidak harus berbentuk perusahaan atau instansi besar. Di era sekarang, banyak bisnis yang dimulai dengan modal 0. Keahlian yang kamu miliki bisa terus kamu asah dan mempelajari kebutuhan masyarakat di masa depan.

Bisnis yang kamu lakukan juga harus dinamis sehingga perubahan apapun tidak akan membuat bisnis yang kamu emban tergoyahkan oleh jaman. Impianmu untuk menjadi sukses juga bisa kamu gapai dengan ketekunanmu dalam membangun bisnis.

4. Waktu berkualitas dengan orang tersayang

Ada pepatah yang pernah berkata bahwa sayangilah orang disekitarmu selagi mereka masih ada. Menghabiskan waktu bersama keluarga, pasangan, saudara, ataupun kerabat harus menjadi prioritas dalam hidup.

Walaupun mungkin waktu yang ada tidak berlangsung lama, namun membuatnya menjadi pertemuan berkualitas bisa dimulai dengan hal-hal kecil seperti makan siang bersama, atau sekadar membeli bahan makan di supermarketterdekat.

5. Fokus terhadap tujuanmu

Kamu tidak perlu memikirkan hal buruk yang dikatakan oleh orang lain kepadamu, cukup fokus terhadap apa yang ingin kamu capai dengan dukungan orang-orang di sekitarmu. Kelak, kamu akan menyadari bahwa dunia tidak akan selesai hanya untuk mendengarkan kata-kata buruk, justru dengan membuatnya sebagai motivasi maka tujuanmu akan lebih mudah digapai.

Bukan hanya itu, melibatkan hubungan spiritual dengan Yang Maha Esa juga menjadi catatan penting dan pedoman dalam hidup kita. Semua hal bisa terjadi karena kehendak-Nya dan apapun itu, kita berharap agar bisa selalu melewatinya dengan baik.

Komentar