Nabila Prajna
Nabila Prajna
Pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, tersingkir dari ajang Thailand Masters 2020 usai kalah dari Niclas Nohr/Sara Thygesen (Denmark) pada babak pertama, Rabu (22/1). [Humas PBSI]

Ajang Piala Sudirman akan digelar pada 26 September 2021 mendatang. Dari 20 pemain yang dibawa, terdapat 7 pemain muda yang masuk dalam skuad Indonesia untuk berjuang di Sudirman Cup

Tujuh pemain muda berhasil menggeser para seniornya untuk berada dalam tim bulu tangkis Indonesia. Enam di antaranya akan melakoni laga perdana di Sudirman Cup 2021. Inilah tujuh pemain muda yang diboyong untuk ikut Sudirman Cup 2021: 

1. Gregoria Mariska Tunjung 

Pemain kelahiran 11 Agustus 1999 ini bukan pertama kalinya tampil dalam kejuaraan Sudirman Cup. Sebelumnya, juara dunia junior 2017 ini pernah diboyong dalam skuad merah putih pada Sudirman Cup 2017 dan 2019.

Pada 2017, Gregoria menjadi pemain termuda karena usianya yang belum menginjak 18 tahun. Ia pun menjadi tunggal pelapis ketiga setelah Fitriani dan Dinar. Pada tahun 2019, Gregoria turun sebagai tunggal pertama dan ditemani oleh Fitriani. 

Kini, Gregoria mengemban beban berat sebagai tulang punggung tunggal putri Indonesia. Walaupun usianya masih muda, Gregoria merupakan salah satu senior yang ada di tunggal putri.

2. Putri Kusuma Wardani

Tunggal Putri Indonesia kembali boyong pemain muda kelahiran 2002. Pemain berumur 19 tahun ini mampu menggeser posisi seniornya, Ruselli Hartawan, dalam daftar pemain yang diboyong untuk Sudirman Cup 2021.  

Putri KW dipercaya menjadi pemain pelapis Gregoria atau menjadi pemain kedua tunggal putri. Saat ini Putri berada diperingkat 136 dunia.  Pada tahun 2021, Putri KW membuktikan dirinya menjadi juara kejuaran Spanyol Master S300. 

3. Ester Nurumi Tri Wardoyo

Saudara kandung dari pebulu tangkis tunggal putra, Chico Wardoyo ini berhasil menembus skuad merah putih dalam Sudirman Cup 2021. Lahir 26 Agustus 2005, ia menjadi pemain termuda dalam skuad merah putih.  

Walaupun tidak memiliki ranking, Ester dipercaya untuk ikut dalam Sudirman Cup 2021. PBSI melihat banyak potensi pemain berumur 16 tahun yang sempat mengalahkan Gregoria di Simulasi Olimpiade pada Januari lalu.  

4. Ribka Sugiarto

Pemain yang berhasil menjadi juara dunia junior 2017 dan Asia 2018 terpilih masuk kedalam skuad Sudirman Cup 2021. Tidak sendiri, Ribka ditemani sang partner Siti Fadia Silva Ramadhanti yang ikut diboyong. 

Bukan tidak ada alasan membawa nama Ribka di ajang Sudirman Cup 2021. Di ajang kejuaraan internasional, Ribka/Fadia berhasil menjadi juara di Yuzu Master S100 setelah mengalahkan seniornya sendiri. Tidak hanya itu, ia pun memiliki ranking yang cukup baik dibandingkan dengan yang lainnya.  

5. Siti Fadia Silva Ramdhanti

Menjadi peraih perak di kejuaraan dunia junior serta emas di kejuaraan asia junior merupakan hasil track record yang baik untuk Fadia. Setelah turun sebagai pemain senior, ia dipasangkan oleh teman satu klubnya, Ribka Sugiarto. 

Selama berpasangan dengan Ribka, Fadia baru satu kali menjadi juara di kejuaraan internasional. Walaupun tergolong masih muda, kini Fadia resmi menjadi ganda putri pelapis Indonesia.  Pemain kelahiran 16 November 2000 ini akan berlaga perdana di Sudirman Cup 2021. 

6. Pitha Haningtyas Mentari

Pemain jebolan PB Jaya Raya ini adalah peraih emas kejuaraan dunia junior 2017. Sejak junior, Tari dipasangkan dengan Rinov Rivaldy.  

Track record kariernya saat senior adalah menjadi juara di Yuzu Master S100 2019. Sementara yang terbaru berhasil juara di Spanyol Master S300 2021. Hasil itulah yang membuat PBSI percayakan Tari masuk dalam skuad merah putih.   Pemain kelahiran 1 Juli 1999 ini pun akan melakoni kejuaraan Sudirman Cup perdananya. 

7. Rinov Rivaldy

Pemain muda kelahiran 12 November 1999 ini berpasangan dengan Pitha saat masih junior. Dua title sudah ia dapatkan saat menjadi pemain senior. 

Rinov/Pitha berhasil menggeser pemain seniornya Gloria/Hafiz dalam skuad merah putih. Kejuaraan Sudirman Cup 2021 pun merupakan laga perdananya.

Itu dia 7 pemain muda yang akan diboyong oleh PBSI untuk mengikuti kejuaraan Sudirman Cup 2021 yang akan dilaksanakan di Vantaa.

Komentar