Shinta Ci
Shinta Ci
Potret Sunmi. (Soompi).

Agensi Sunmi, Abyss Company, telah mengumumkan bahwa mereka akan mengambil tindakan hukum atas nama artis mereka. Pada Rabu (13/9/2021), Abyss Company merilis pernyataan resmi yang menjelaskan rencana hukum mereka ke depan.

Awal pekan ini, Sunmi turun ke media sosial secara pribadi menanggapi komentar kebencian dan ancaman pembunuhan yang ditujukan padanya.

Sunmi secara pribadi telah menanggapi ancaman pembunuhan dan kebencian karena dinilai sudah berlaku tidak adil terhadap kontestan Girls Planet 999 Mnet.

Penyanyi tersebut saat ini muncul di program audisi idol Mnet sebagai "master K-pop", melayani baik sebagai mentor dan juri untuk kontestan acara survival Korea Selatan itu.

Pada 11 Oktober 2021, Sunmi mengunggah di Twitter screenshot dari forum online yang sering dikunjungi oleh beberapa penggemar Girls Planet 999.

Satu unggahan di forum online tersebut menulis, “Bagaimana aku harus membunuh sunmi ini hehehe". Sementara komentar lain berbunyi, “Begitu Sunmi merilis album, aku akan mengutuknya seperti orang gila secara realtime di Melon.”

Sunmi (Instagram/@miyayeah)

Merujuk pada komentar yang Sunmi buat di episode pertama acara, individu lain menanggapinya dengan komentar sinis. Termasuk “Hehehe dia akan mendapatkan banyak keluhan tentang bagaimana dia tidak memiliki aura” dan “Dukun jalang gila hehehe".

Menanggapi ujaran kebencian dalam serangkaian cuitan Sunmi menulis tanggapannya. Dia bertanya apa yang salah darinya. Padahal dia sudah berusaha mencari cara membangun kontestan.

"Apa yang aku lakukan itu sangat salah?"

"Apa yang harus aku lakukan?"

"Sampai sekarang, aku telah memantau [kontestan] dan berusaha untuk berbicara dengan cara yang dapat dipahami oleh lebih banyak orang."

"Aku juga benar-benar menghabiskan setiap saat dengan tulus memikirkan apa lagi yang bisa aku lakukan untuk [kontestan] kami."

Agensi Sunmi akhirnya turun tangan, menegaskan bahwa mereka tidak akan monelaransi ancaman pembunuhan dan ujaran kebencian yang sudah melewati batas. 

Mengutip dari Soompi, berikut adalah pernyataan resmi pihak Abbys Company:

Artis Korea, Sunmi. (Instagram/@miyayeah)

"Halo. Ini adalah Abbys Company.

Pertama, kami ingin berterima kasih kepada para penggemar yang mendukung artis agensi kami Sunmi.

Mengikuti pernyataan yang kami keluarkan pada Agustus 2019, kami mengambil tindakan hukum yang tegas terhadap komentar jahat, serangan terhadap karakter, penghinaan, dan semua tulisan jahat lainnya, dan individu-individu pada saat itu menerima ringkasan dakwaan yang baik.

Namun, terlepas dari itu, kami baru-baru ini menemukan banyak komentar jahat yang disertai dengan penghinaan. Bersembunyi di balik topeng anonimitas di internet dan memfitnah serta mengutuk artis adalah kejahatan yang pasti.

Untuk melindungi hak dan kepentingan artis agensi kami, prioritas kami adalah mengambil tindakan hukum yang tegas yang mengakibatkan membayar harga tanpa ampun, terhadap tindakan jahat yang melanggar karakter artis kami.

Di masa depan, kami berencana untuk melanjutkan tindakan tindak lanjut yang kuat berdasarkan bukti yang dikumpulkan dari pemantauan diri dan laporan penggemar. Karena laporan penggemar sangat membantu, silakan kirim bukti yang melibatkan penghinaan dan komentar jahat yang sembrono ke alamat email kami.

Kami meminta kerja sama aktif para penggemar."

Ujaran kebencian, apalagi sampai ada ancaman pembunuhan jelas adalah masalah yang serius. Semoga ke depannya hal seperti ini tidak terjadi lagi. Tetap semangat Sunmi!

Komentar