Lintang Larissya
Lintang Larissya
Leslie Cheung dan Daffy Tong [instagram/dhttong]

Leslie Cheung adalah penyanyi dan musisi papan atas dari Hong Kong. Ia merupakan anak bungsu dari 10 bersaudara. 

Leslie Cheung adalah salah satu pelopor Cantopop serta orang pertama yang sukses besar dalam karier film dan musik. 

Sempat meninggalkan Hong Kong dan berimigrasi ke Canada, Leslie telah membintangi puluhan film yang mampu membuatnya memperoleh beberapa nominasi Best Actor pada festival film Hong Kong dan Golden Horse. Sementara itu, dua judul film yang mampu membuat namanya terkenal di pasar Jepang dan Korea Selatan adalah A Better Tomorrow dan A Chinese Ghost Story.

Karena kariernya yang menjulang tinggi kehidupan pribadinya pun menjadi sorotan, salah satunya adalah kekasih dan orientasi seksualnya. 

Dikutip dari wikipedia, Leslie dalam sebuah wawancara dengan majalah Time menyatakan dirinya merupakan seorang biseksual. 

"Saya adalah biseksual. Mudah bagi saya untuk mencintai seorang wanita. Mudah bagi saya untuk mencintai seorang pria" Ujarnya.

Pada 1995 sebuah tabloid Hong Kong memuat foto Cheung bersama seseorang lelaki yang diduga merupakan kekasihnya, Daffy Tong. Pada konser 1997, Leslie secara terbuka mengumumkan bahwa Daffy merupakan orang yang paling dikasihinya setelah ibunya. 

Daffy dan Leslie merupakan teman masa kecil. Mereka resmi berbacaran saat Leslie berumur 26 tahun, sedangkan Daffy 24 tahun. Hubungan keduanya sangat privasi namun hingga akhir hayat Leslie Cheung, Daffy Tong setia bersamanya.

Menjadi salah satu aktor di Asia yang berani mengakui orientasi seksualitasnya serta terlepas dari kesuksesannya di seluruh Asia, ada banyak yang tidak menghargai sisi dari Leslie ini.

Meskipun sering diberikan ujaran kebencian di media lokal, Leslie hanya menganggap kritik tersebut dangkal dan picik. 

Hingga saat ini, namanya menjadi sosok ikonik dalam kebangkitan isu LGBT di Hong Kong.

Meskipun tidak pernah menikah secara resmi, nama Daffy Tong adalah nama pertama yang tercantum dalam nama keluarga di berita kematian Leslie Cheung, dikreditkan sebagai "Love of His Life". 

Pernikahan sesama jenis memang belum legal di Hong Kong, tetapi dalam ingatan penggemar dan negara, Leslie dan Daffy dikenang sebagai pasangan yang ikonik yang penuh dengan kasih.

Ikon musik ini didiagnosa menderita depresi dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya pada 1 April 2003 dengan loncat dari lantai 24 Hotel Mandarin Oriental.

Kekuatan cinta keduanya masih sangat besar. Setiap tahun untuk memperingati hari kematian Leslie, Daffy selalu mengunggah foto di instagram pribadinya tak lupa menyematkan keterangan manis disetiap unggahannya.

Bahkan setelah Leslie meninggal dunia, Daffy bersama Ophelia, kakak Leslie yang tertua, ditunjuk sebagai pengambil keputusan semua hal yang menyangkut Leslie.

Komentar