Diat Anugrah
Diat Anugrah
Ilustrasi Pulau Komodo. (Pixabay//Simon Bardet)

Wisata atau rekreasi merupakan kebutuhan setiap orang di zaman modern ini. Di tengah sibuknya rutinitas harian entah itu bekerja, belajar, atau mengurus rumah, wisata dapat menjadi cara untuk menyegarkan pikiran agar tidak jenuh dan stres.

Banyak pilihan tempat wisata yang dapat dikunjungi. Tempat-tempat wisata tersebut memiliki daya tariknya masing-masing. Hal-hal yang dapat menjadi daya tarik suatu tempat agar dikunjungi antara lain keindahan alam, wahana permainan, hingga keunikan yang tidak dapat ditemui di tempat lain.

Sebagai negara yang memiliki wilayah sangat luas, dengan kondisi geografis dan budaya sangat beragam, Indonesia memiliki berbagai tempata wisata unik. Bahkan, tempat wisata unik di Indonesia ini tak bisa dijumpai di negara lain.

Berikut ini adalah 7 tempat wisata unik di Indonesia yang bisa menjadi bucket list kamu liburan mendatang.

1. Batu Lemo Toraja, Sulawesi Selatan

Wisata Batu Lemo di Tana Toraja, Sulawesi Selatan adalah tempat wisata unik, menampilkan dinding bukit batu yang diisi jenazah orang meninggal. Dinding tebing batu tersebut dilubangi untuk menyimpan jenazah. Biasanya, satu lubang diisi satu keluarga.

Menurut kepercayaan warga setempat, semakin tinggi letak jenazah, maka akan kian dekat dengan Tuhan. Oleh karena itu, untuk menghormati keluarga yang sudah meninggal, mereka memakamkan jenazahnya di dinding bukit batu dan ditutup papan kayu.

Selain lubang makam yang ditutup papan kayu, pengunjung juga dapat melihat patung atau replika tersusun rapi di depan liang untuk menggambarkan jenazah yang berada di makam tersebut.

Pemakaman unik ini sendiri diperkirakan sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, lebih tepatnya sekitar abad ke 16. 

2. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Tidak lengkap jika membicarakan wisata unik di Indonesia tanpa menyebut pulau yang satu ini, Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. Pulau yang sudah ditetapkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia baru ini memang menjadi tujuan wisata unik bagi para pelancong baik dari dalam negeri maupun dari manca negara.

Keberadaan komodo yang diyakini sebagai hewan purba menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang untuk mengunjunginya. Selain keberadaan komodo, keindahan bentang alam yang masih asri juga akan memanjakan para pengunjung.

3. Goa Gong, Pacitan, Jawa Timur

Indonesia memiliki ribuan goa yang tersebar di berbagai daerah, salah satunya adalah Pacitan. Kota ini dijuluki sebagai kota 1001 goa. Sebab, banyak goa yang terdapat di kota ini. Salah satu goa yang menarik adalah goa Gong.

Diberi nama goa gong karena misteri pada zaman dahulu yang dirasakan oleh warga sekitar di mana mereka kerapkali mendengar suara gong dari dalam goa pada malam hari.

Di dalam goa gong, pengunjung akan disajikan keindahan lorong yang dihiasi oleh stalaktit dan stalakmit. Lorong tersebut memiliki panjang sekitar 256 meter. Di ujung lorong, pengunjung akan mendapati sebuah ruangan seperti kubah yang memiliki panjang 100 meter dengan lebar 15 hingga 40 meter, dan tinggi 20-30 meter. 

Untuk memasuki goa tersebut, pengunjung tidak perlu khawatir karena pengelola sudah menyediakan tangga dengan pagar pembatas hingga pemerangan yang memadai dan menambah keindahan goa tersebut.

4. Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah

Nusakambangan merupakan pulau yang terkenal sebagai penjara bagi tahanan kelas berat. Namun, ternyata pulau ini juga memiliki berbagai tempat yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan umum.

Pengunjung yang datang ke pulau ini dapat menikmati beberapa pantai yang indah dan masih alami seperti pantai Permisan dan pantai Karang Pandan. Selain pantai, ada juga benteng bersejarah yang terdapat di pulau Nusakambangan yaitu benteng Karang Bolong. Benteng ini dibangun oleh Portugis sekitar tahun 1716.

Untuk mengunjungi pulau ini, pengunjung dapat menyeberang menggunakan kapal cadik dari tempat wisata teluk penyu. 

5. Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

Gunung Kelimutu berada di kabupatan Ende, Nusa Tenggara Timur. Nama Kelimutu sendiri berasal dari kata "keli" yang berarti air dan "mutu" yang berarti mendidih. Gunung ini memiliki ketinggian 1.639 mdpl atau 5.377 kaki.

Gunung ini menjadi incaran para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri karena memiliki keunikan yang tidak dimiliki gunung-gunung lain. Gunung kelimutu memiliki 3 buah danau yang terbentuk akibat letusan gunung tersebut. Keunikan lainnya adalah ketiga danau tersebut memiliki warna yang berbeda.

6. Pusat Laut Donggala, Sulawesi Tengah

Donggala memiliki tempat wisata unik berupa sumur raksasa yang biasa disebut dengan nama Pusat Laut. Sumur raksasa ini memiliki diameter sekitar 10 meter dengan kedalaman 5-7 meter dan diyakini sebagai sumur alami terbesar di dunia.

Air sumur raksasa ini sangat jernih dan menurut masyarakat sekitar dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu, banyak pengunjung yang mengambil air dari sumur ini dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh atau untuk pengobatan.

7. Danau Kakaban, Berau, Kalimantan Timur

Berbeda dengan danau lainnya, danau Kakaban adalah danau purba yang diperkirakan sudah terbentuk sejak 2 juta tahun yang lalu. Danau tersebut terbentuk akibat air laut yang terperangkap dalam pulau dan bercampur dengan air hujan serta air tanah, sehingga danau Kakaban memiliki air payau.

Selain keindahan danau, pengunjung juga dapat melihat dan berenang bersama ubur-ubur. Uniknya, ubur-ubur tersebut sudah berevolusi hingga tidak dapat menyengat. Hal ini membuat pengunjung dapat berenang dengan nyaman.

Itulah tempat wisata unik di Indonesia yang wajib kamu kunjungi.

Komentar