hestika ya
hestika ya
Duomo di Milano, Italy (Unsplash/DaryanShamkhali)

Kalau kalian senang mengunjungi tempat ibadah yang memiliki sejarah dan umur yang sudah tua. Kalian wajib mengunjungi beberapa katedral berikut ini. Beberapa katedral ini memiliki desain bangunan yang unik dan terlihat sangat cantik. Mulai dari desain bangunannya, memiliki altar yang tinggi, hingga detail-detail bangunan yang akan membuat kalian terkagum-kagum ketika melihatnya.

Kira-kira apa saja ya katedral yang memiliki bangunan dengan desain yang cantik dan wajib kalian kunjungi? Yuk, kita simak berikut ini!

1. Saint Patrick's Cathedral, New York

St. Patrick's Cathedral, New York City (Unsplash/JosephBarrientos)

Katedral dengan altar yang sangat tinggi dan cantik ini merupakan salah satu tempat yang wajib kalian kunjungi apabila berkunjung ke New York. Saint Patrick's Cathedral merupakan katedral terbesar di A.S. yang dibangun untuk mendukung kebebasan beragama dan toleransi. Katedral ini mulai dibangun sejak tahun 1853 yang diarsitekturi oleh James Renwick.

Saint Patrick's Cathedral menerapkan gaya arsitektur Neogotik yang sangat kaya. Bangunannya dilapisi oleh marmer serta pintunya yang terbuat dari perunggu titanic dengan berat lebih dari 9.000 pound. Terdapat 21 altar yang sangat tinggi serta 19 lonceng dimana lonceng tersebut akan berbunyi dijam-jam tertentu selama 15 menit. Saint Patrick's Cathedral memiliki jendel kaca berwarna-warni yang menambah kesan cantik.

Untuk berkunjung ke Saint Patrick's Cathedral kalian tidak akan dikenai biaya apa pun. Katedral yang menjadi landmark New York ini berlokasi tepat di kawasan Midtown Manhattan, diantara jalan 50th dan 51th. Bagi kalian yang ingin mengikuti Misa di katedral pun, dipersilakan.

2. Duomo di Milano, Italia

Duomo di Milano, Italia (Pixabay/ShenXin)

Salah satu bangunan katedral paling terkenal di dunia ini, bertepat di Lombardy, Italia. Katedral ini diperkirakan dibangun sejak tahun 1386 dan baru enam abad kemudian katedral ini rampung. Leonardo da Vinci, seorang insinyur terkenal sekaligus pelukis lukisan Mona Lisa, turut serta dalam pembangunan katedral yang satu ini.

Selain mengunjungi dan mengagumi bangunan katedral, kalian juga dapat mengunjungi Museum Arkeologi yang berada di ruang bawah katedral ataupun Museum Duoma untuk melihat patung, lukisan, permadani, dan beberapa koleksi lainnya. Jika kalian ingin mengekspol bangunan ini secara lebih, kalian bisa naik ke atap bangunan untuk melihat keindahan Milan dan detail-detail atap bangunan yang sangat menarik. Ada pula Galeri Vittorio Emanuele yang merupakan sebuah pusat perbelanjaan tertua di Milan yang tentunya juga bisa kalian kunjungi.

Bagi kalian yang ingin mengunjungi katedral ini, sebaiknya melakukan reservasi atau pembelian tiket secara online melalui website Duomo di Milano. Kalian dapat memilih tiket dengan paket-paket tertentu dengan kisaran harga €5 sampai €20.

3. Cologne Cathedral, Jerman

Cologne Cathedral (Unsplash/DominikKuhn)

Cologne Cathedral telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1996. Katedral yang diarsitekturi oleh Ernst Friedrich Zwirner dan Richard Voigtel ini menjadi katedral terbesar di Eropa Utara.

Cologne Cathedral dibangun sejak tahun 1248 dan baru selesai pada tahun 1880. Cologne Cathedral memiliki puncak menara kembar tertinggi di dunia, yang menjadikan katedral tersebut menjadi katedral tertinggi kedua di Eropa dan tertinggi ketiga di dunia.

Untuk mengunjungi Cologne Cathedral, kalian akan dikenai biaya untuk tiket masuk sebesar €8. Kalian dapat menikmati katedral, di mana terdapat pula menara di bagian selatan Cologne Cathedral dan menara tempat lonceng bergantung yang dapat kalian kunjungi mulai pukul 9 pagi hingga 4 sore.

Selain itu, kalian juga bisa menikmati The Cathedral Treasury dimana di sana terdapat harta karun ‘The Shrine of the Three Kings,’ peninggalan Cologne yang dikaitkan dengan Nicholas of Verdun, ahli emas yang sangat terkenal.

4. Sagrada Familia Cathedral, Spanyol

Sagrada Familia Cathedral, Spanyol (Unsplash/KenCheung)

Sagrada Familia Cathedral dikenal dengan arsitektur bangunannya yang sangat unik. Bangunan ini didesain oleh Antoni Gaudi, seorang arsitektur terkenal di Spanyol. Katedral dibangun mulai pada tahun 1882 dan masih berlanjut sampai sekarang. Bangunan katedral diperkirakan akan rampung pada tahun 2026 mendatang.

Antoni Gaudi menggabungkan elemen Art Nouveau, Catalan Modernism, dan Spanish Late Gothic. Antoni Gaudi menonjol segi simbolisme untuk bangunan katedral. Katedral yang berlokasi di Barcelona ini, dirancang akan memiliki 18 menara. Sampai saat ini pembangunan menara masih terus dilakukan. Dalam katedral tersebut terdapat makam Antoni Gaudi yang berada di lantai bawah bangunan dan kalian diizinkan untuk mengunjunginya.

Terdapat beberapa kategori untuk tiket masuk menikmati keindahan bangunan Sagrada Familia. Kalian akan dikenai biaya €26 untuk umum, €24 untuk pelajar, dan €21 untuk lansia. Kalian diharapkan untuk memesan tiket secara online terlebih dahulu apabila ingin mengunjungi katedral ini ya. Kalian juga bisa menggunakan jasa guide tour dengan biaya tambahan yang telah tertera di website Sagrada Familia.

5. Saint Basil's Cathedral, Rusia

Saint Basil's Cathedral, Rusia (Pixabay/Opsa)

Siapa yang tidak tau bangunan ikonik satu ini? Pasti kalian sering melihatnya, bukan? Berbeda dengan katedral pada umumnya, katedral yang dibangun sebagai bentuk perayaan kemenangan Rusia atas Khanate of Kazan. Katedral ini telah dibangun sejak tahun 1555 hingga 1561. Saint Basil's Cathedral telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1990.

Saint Basil's Cathedral memiliki interior serta eksterior yang sangat unik. Dari luar kalian dapat melihat bangunan katedral yang berwarna-warni dengan sembilan kubah yang berbentuk seperti api yang menyala. Di depan gereja terdapat patung perunggu yang dibuat sebagai bentuk penghormatan kepada Dmitry Pozharsky dan Kuzma Minin, tokoh yang memiliki pengaruh selama perang melawan Polandia (1598-1613).

Sementara, di dalam ruangan kalian dapat melihat sembilan ruangan atau kapel yang berbentuk seperti labirin yang didedikasikan untuk masing-masing santo yang perayaannya dimenangkan oleh Ivan the Terrible. Jika ingin mengunjungi Saint Basil's Cathedral, kalian harus membayar tiket sebesar 700 rubel.

Itu dia lima katedral di dunia yang memiliki desain bangunan sangat cantik. Kalau kalian kira-kira mau mengunjungi katedral yang mana, nih? Apakah ada di antara lima katedral di atas atau ada pilihan katedral lain?

Komentar