facebook

Apa itu Machine Learning, Pengertian hingga Manfaat untuk Kehidupan

Muhamad Syukur Yaqub
Apa itu Machine Learning, Pengertian hingga Manfaat untuk Kehidupan
Ilustrasi kecerdasan buatan. [Shutterstock]

Di era digital ini, teknologi sangat berguna sekali dalam kehidupan kita. Salah satunya teknologi pemelajaran mesin atau machine learning (ML). Teknologi Machine Learning ini merupakan salah satu dari beberapa cabang dari teknologi Artificial Intelligent (AI). Jadi, machine learning mampu bisa belajar maupun berfikir seperti halnya manusia. Machine learning merupakan teknologi yang bisa dibilang mampu mempelajari suatu data dan bisa melakukan suatu hal dari data yang dipelajari oleh maching learning tersebut.

Pengertian Machine Learning

Teknologi machine learning merupakan mesin yang dikembangkan oleh manusia yang bertujuan untuk mampu belajar dengan sendirinya seperti halnya manusia tanpa disuruh oleh pemiliknya. Mesin tersebut dikembangkan berdasarkan apa yang manusia pelajari dan di implementasikan ke dalam mesin tersebut. Jadi, mesin tersebut dapat belajar dan berfikir dengan sendirinya tanpa harus diperintah atau di program.

Manfaat Machine Learning

Terdapat banyak sekali manfaat dari teknologi machine learning tersebut yang bisa membantu tugas atau pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Manfaat dari teknologi machine learning tersebut dapat kita rasakan saat ini seperti pada bidang teknologi, bisnis, pemasaran, Pendidikan dan masih banyak yang lainnya. Dalam hal ini, kita membahas manfaat machine learning dalam dunia bisnis.

1. Sistem yang Otomatis

Manfaat dari machine learning yang pertama adalah machine learning mampu membuat sebuah tugas yang manual menjadi otomatis yang bisa mempermudah manusia untuk melakukan tugas tersebut menjadi cepat dan tanpa perlu perintah manusia secara real-time. Dengan data yang ada, machine learning mampu bekerja secara otomatis sesuai dengan data yang ada.

2. Mengidentifikasi Trend dengan Mudah

Teknologi machine learning bisa mencakup data dalam jumlah yang sangat besar dan mungkin saja yang tidak dapat diproses oleh manusia. Jadi, data yang tidak dapat diproses oleh manusia tersebut jika di proses oleh machine learning akan menghemat biaya dan waktu. Didalam dunia bisnis, machine learning berguna untuk memperoleh data dari hasil penjualan dari bisnis tersebut. Setelah mengetahui data penjualan bisnis tersebut dapat menentukan solusi dari masalah seperti rekomendasi produk, bonus, penawaran, giveaway, dan lain-lain sehingga dapat memaksimalkan keuntungan penjual.

3. Memudahkan dalam hal Operasional

Algoritma pada machine learning mampu memudahkan sistem operasional dan melakukan suatu inovasi produk dalam bisnis atau perusahaan anda. Jadi, machine learning dapat diterapkan dalam penyediaan layanan seperti menganalisis komentar pelanggan sehingga dapat menjadi masukkan atau evaluasi bagi bisnis atau perusahaan anda. Hasil dari evaluasi tersebut dapat menentukan langkah kedepan demi peningkatan bisnis atau perusahaan anda.

Beberapa Teknik yang digunakan dalam pembelajaran machine learning

Dalam pembahasan ini, machine learning mempunyai tiga teknik utama yaitu:

1. Supervised Learning

Teknik supervised learning tersebut merupakan salah satu dari 3 teknik yang biasa dipakai dalam pembelajaran mesin yang bisa menyimpan sebuah informasi yang sudah dimiliki pada data yang kita punya dengan menambahkan label pada dataset tertentu.

Misalkan kita mempunyai sejumlah buku yang telah kita beri label atau ditaruh di rak buku dengan kategori tertentu. Kita juga mempunyai buku dengan kategori historical atau sejarah, misalkan "Sejarah Indonesia" dan "Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia".

Selain itu, kita juga mempunyai buku dengan kategori lain seperti kategori buku Fiksi detektif seperti “Petualangan Sherlock Holmes”. Ketika kita membeli sebuah buku baru, maka kita akan mengidentifikasi buku tersebut sesuai dengan kategori atau genre dan isi buku tersebut. Setelah buku teridentifikasi, barulah kita menyimpan buku tersebut pada genre yang sesuai dengan buku tersebut. pinjaman, jumlah terutan, riwayat pinjaman, dan lain sebagainya.

2. Semi-supervised Learning (Unsupervised)

Teknik semi-supervised learning bisa disebut juga sebagai metode machine learning yang tidak memiliki informasi yang bisa diterapkan seara langsung. Sehingga, prosesnya dilakukan pada dataset mentah yang tidak memiliki label dan algoritma machine learning akan mencoba mengidentifikasi data tersebut tanpa campur tangan dari manusia.

Misalkan kita sama sekali belum pernah membeli sebuah buku, tetapi pada masa yang akan dating, kita membeli beberapa buku dan ingin menaruh nya ke rak buku yang terdapat beberapa kategori atau genre agar mudah untuk menemukan kategori dari buku tersebut.

Hal ini memudahkan kita untuk menaruh buku-buku apa saja yang sama dengan kategori buku tesebut. Dalam hal ini misalkan kita mengkategorikan buku berdasarkan dari kategori di rak buku tersebut. Misalnya, kita mempunyai buku “Sherlock Holmesh”, maka kita akan menyimpan buku “Sherlock Holmesh” tersebut pada kategori buku Fiksi.

Kesimpulan

Machine Learning merupakan teknologi yang bisa dibilang mampu untuk mempelajari suatu data dan bisa melakukan suatu hal dari data yangdipelajari oleh maching learning tersebut. Teknologi Machine Learning merupakan mesin yang dikembangkan oleh manusia yang bertujuan untuk mampu belajar dengan sendirinya seperti halnya manusia tanpa disuruh oleh pemiliknya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak