Keza Felice
Keza Felice
Ilustrasi kacang kedelai (Pixabay)

Selain dapat diolah menjadi berbagi jenis makanan, kedelai juga mempunyai berbagi manfaat untuk kesehatan tubuh. Kacang kedelai yang termasuk dalam jenis tanaman polong-polongan ini mudah ditemukan di berbagai olahan makanan, seperti kecap asin, susu, tahu, tempe, dan lain sebagainya. 

Kacang kedelai juga tinggi protein dan memiliki kandungan folat, energi, vitamin C, zat besi, kalsium, fosfor, tiamin, kalium, natrium, seng, karoten, dan rendah akan lemak jenuh. Merangkum dari Klikdokter dan Hellosehat, berikut beberapa manfaat kacang kedelai bagi kesehatan.

1. Menurunkan Kolesterol

Adanya kandungan antioksidan dalam kedelai dapat membantu mengurangi LDL atau  kadar kolesterol jahat secara langsung. Selain itu kedelai juga sudah terbukti mampu menurunkan tekanan darah. 

2. Mencegah Kanker

Selain antioksidan, kandungan lain dari kacang kedelai seperti isoflavon dapat membantu mencegah tumbuhnya sel kanker. Hal inilah yang menjadikan manfaat kedelai sebagi salah satu jenis makanan yang dapat mencegah kanker, seperti kanker prostat pada pria, kanker payudara, dan kanker endometrium pada wanita.

3. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang memang sedang melakukan program diet dan ingin menurunkan berat badan, para pakar kesehatan memberikan rekomendasi untuk menjadikan kacang kedelai sebagai salah satu pilihan camilan sehat sehari-hari. Sebab, tingginya kandungan protein serta serat yang terdapat pada kacang kedelai dapat membantu dalam menunda rasa lapar.

Selain itu, kedelai juga mempunyai indeks glikemik yang cukup rendah. Perlu diketahui bahwa indeks glikemik ini sendiri merupakan nilai yang menunjukkan seberapa cepat tubuh Anda dalam mengubah karbohidrat menjadi gula darah. Sementara makanan dengan indeks glikemik yang rendah akan lebih lambat dicerna oleh tubuh. Dengan begitu, Anda tidak akan cepat lapar. Tentu saja hal ini sangat membantu program diet Anda, sebab hasrat ngemil makanan berkalori tinggi akan terkendalikan.

4. Mencegah Pengeroposan Tulang

Seperti yang dijelaskan dalam sebuah studi dari Asian Pacific Journal of tripical Medicine, kacang kedelai juga bermanfaat untuk mencegah pengeroposan tulang. Pada masa menopause, dalam tubuh seorang wanita akan mengalami penurunan drastis produksi hormon estrogen. Sementara itu, estrogen berperan penting untuk melindungi dan membentuk tulang yang kuat.

Oleh sebab itulah wanita yang sudah memasuki usia menopause mempunyai risiko yang tinggi dalam mengalami osteoporosis atau pengeroposan tulang. Akan tetapi, kacang kedelai ternyata mengandung isoflavon yakni senyawa kimia yang mempunyai struktur serta fungsi mirip dengan estrogen. Oleh sebab itulah bila dikonsumsi secara rutin yang disertai dengan asupan makanan bernutrisi tinggi lainnya, kacang kedelai dipercaya efektif dalam membantu menghambat terjadinya kerusakan tulang dan juga mencegah risiko adanya osteoporosis.

Itulah beberapa manfaat kacang kedelai untuk kesehatan. Meskipun bentuknya cukup kecil, tapi manfaatnya cukup besar, bukan?

Komentar