Adira Putri Aliffa
Adira Putri Aliffa
Ilustrasi podcaster (Pexels.com/cottonbro)

Rasanya sayang jika memiliki banyak waktu luang, tapi tak dimanfaatkan untuk melakukan suatu hal yang baru. Padahal tak ada salahnya jika kita mencoba dan melakukan hal baru untuk menambah pengalaman. Dengan belajar hal baru, tentunya akan melatih banyak keunggulan yang ada dalam diri dan menambah koleksi kegiatan agar tak bosan. 

Jika kamu membutuhkan rekomendasi kegiatan yang asyik untuk dilakukan di waktu luang, mari simak sampai habis artikel ini!

1. Membuat Podcast

Ilustrasi podcaster (Pexels.com)

Trend kegiatan ini sudah viral sejak beberapa tahun yang lalu. Kini para creator podcast sudah semakin merambah luas di berbagai negara, khususnya Indonesia. Banyak juga platform-platform yang menyediakan tempat untuk membagikan podcast. Sehubungan dengan industri podcast yang semakin lama akan semakin maju, tak ada salahnya jika kita mencoba terjun di dalamnya sebagai wadah mencoba hal baru. 

2. Menulis Buku

Ilustrasi buku novel (Pexels.com)

Seiring dengan berkembangnya zaman dan berjalannya waktu, semakin banyak juga penggemar buku di Indonesia. Industri penulisan juga semakin maju karena banyaknya antusias masyarakat untuk membaca. Hal tersebut bisa jadi kesempatan untuk orang-orang yang gemar menulis untuk mencoba hal baru.

Dunia literasi yang semakin digemari bisa jadi peluang besar untuk menciptakan sebuah buku. Tak hanya industri penulisan, industri perfilman Indonesia pun juga semakin maju. Banyak film-film luar biasa dari tulisan-tulisan mempesona. Jadi, menulis karya yang hebat benar-benar jadi kegiatan menjanjikan di masa sekarang ini.

3. Mengedit Foto atau Video

Ilustrasi orang mengedit video (Pexels.com)

Dewasa ini, perkembangan dan kemajuan teknologi semakin melaju pesat, khususnya di bidang aplikasi. Banyak dari aplikasi itu yang memberikan ruang bagi para creator untuk menciptakan sebuah karya di dalamnya. Dua di antaranya, yakni bisa membuat karya video dan foto. Sejalan dengan banyaknya penikmat dan penggemar estetika dalam sebuah foto dan video, ada baiknya bila kita belajar untuk menciptakan itu.

Menciptakan sebuah video dan foto yang berkualitas, bermanfaat, juga menarik untuk dilihat bisa menjadi sebuah kegiatan baru menyenangkan. Caranya bisa bermacam-macam, mulai dari memikirkan ide konten, merekam sesuatu, lalu mengeditnya. Aplikasi edit video juga sudha banyak sekali, kita tinggal memilih dan terus belajar mendalaminya agar jadi profesional.

4. Menulis dan Membuat Lagu

Ilustrasi orang yang bermain gitar (Pexels.com)

Hidup tanpa musik akan terasa datar dan kurang menyenangkan. Musik benar-benar sudah tak bisa lepas dari diri semua manusia. Banyak orang di dunia ini yang senang mendengarkan musik atau lagu di manapun, baik itu setelah bangun tidur, saat bekerja, saat  berpergian, dan lain-lain. Musik juga seringkali diputar di manapun, baik itu di restoran, di mall, di cafe, bahkan di rumah makan kecil. 

Jika kamu gemar mendengarkan musik, ditambah lagi jika kamu orang yang unik dan merasa tak ingin jika hanya terus menjadi pendengar musik, kamu bisa mencoba untuk menjadi penciptanya. Ciptakan lirik lagu dengan genre kesukaanmu, buatlah nada dengan alat musik yang ada, cobalah untuk nyanyikan, minta pendapat orang sekitar, dan percaya dirilah untuk membagikannya ke berbagai platform. 

Hal tersebut bisa jadi peluang besar untukmu agar karya yang kamu ciptakan bisa didengarkan semua orang, bisa menginspirasi, dihargai, dan nantinya bisa membawa keuntungan untukmu. Bagaimana, sebuah hal baru yang asyik dan menarik dicoba, bukan?

Itu dia empat rekomendasi kegiatan asyik yang bisa kamu lakukan saat ingin mencoba hal baru. Semoga bermanfaat dan bisa kamu terapkan, ya? Tak ada salahnya mencoba dan memulai, siapa tahu apa yang kamu lakukan sekarang membuatmu semakin dekat dengan kesuksesan. Sebab takdir Tuhan tak ada yang tahu. Yuk, terus berkarya walau sekecil apa pun itu! Sebab dengan karya kita akan abadi selamanya. Semangat!

Komentar