Rashaun
Rashaun
Ilustrasi ilmuwan WHO [Foto: ANTARA]

Pahlawan masa kini menurut saya ada banyak. Namun, pahlawan yang satu ini lebih menonjol daripada lainnya. Seorang pahlawan di dalam masa kini, menurut saya adalah  para ilmuwan.

Pasalnya, dalam masa pandemi ini, kontribusi para ilmuwan sangatlah besar. Mereka adalah pihak yang bertanggung jawab untuk mencoba dan menemukan obatnya yaitu vaksin.

Dari apa yang saya tahu, Anda tidak dapat menemukan vaksin atau obat yang instan atau cepat, karena akan membutuhkan waktu serta usaha. Dengan melakukan tes, eksperimen, dan sebagainya.

Perlu dipahami bahwa jika tidak ada ilmuwan, kita tidak akan memiliki vaksin. Jika tidak memiliki vaksin, berarti kita akan kehilangan lebih banyak nyawa daripada sekarang.

Betul, masih ada pahlawan lain seperti dokter dan staf medis. Tetapi tanpa ilmuwan, semuanya tidak akan ada gunanya, karena orang-orang akan  terus terkena virus. Dan karena itu, dokter-dokter tidak bisa berbuat apa-apa. Apalagi orang-orang akan tetap terkena Covid-19. Walaupun mereka mungkin sudah sembuh, tetap saja kondisinya lebih lemah dan terancam.

Jadi, dengan adanya vaksin yang dikembangkan oleh para ilmuwan, maka diharapkan semakin banyak orang yang tertolong dan semakin cepat kita bisa melalui pandemi ini.

Kegunaan vaksin adalah untuk membuat tubuh kita lebih kuat, sehingga dapat melawan virus. Tetapi ini tidak berarti kita 100 persen kebal terhadap virus.

Walaupun sudah divaksin, kita masih bisa terkena Covid-19. Walaupun tak bisa ditampik bahwasannya peluang orang yang sudah divaksin akan lebih kecil untuk terkena Covid-19 dan dampaknya juga jauh lebih ringan dibandingkan dengan orang yang tidak mendapat vaksin.

Para ilmuwan dari berbagai belahan dunia telah berusaha membuat dan meningkatkan vaksin dalam pandemi ini. Seperti yang Anda ketahui, ada berbagai jenis vaksin seperti misalnya: Sinovac, AstraZeneca, Pfizer dan lain-lain.

Mereka memiliki sedikit perbedaan satu sama lain. Contoh: salah satu vaksin mungkin memiliki dosis yang lebih tinggi, sehingga lebih cocok untuk orang dewasa. Sementara vaksin lain lebih rendah dosisnya dan memungkinkan anak-anak untuk mendapatkan vaksinasi juga.

Meskipun ada perbedaan, tetapi pada akhirnya semua vaksin memiliki tujuan yang sama, yaitu membuat sistem kekebalan tubuh kita lebih kuat, sehingga bisa menangkal virus dan bertahan hidup.

Saya kira, dengan menjadi warga negara yang baik, kita harus mengucapkan terima kasih dan mengucapkan selamat kepada semua ilmuwan yang telah bekerja keras serta berusaha untuk menciptakan vaksin.

Karena meskipun mereka mungkin bekerja untuk perusahaan yang berbeda, mereka masih berpikir bahwa hasilnya adalah menyelamatkan nyawa manusia dan menghentikan kerusakan lebih lanjut akibat virus.

Menurut saya, yang dilakukan para ilmuwan ini sama pentingnya dengan tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat yang berhadapan langsung dengan virus ini. Para ilmuwan melawan virus di latar belakang, yaitu di di laboratorium.

Yang menyedihkan, dalam pandemi ini adalah banyaknya nyawa yang  sudah hilang. Pandemi ini mungkin merupakan salah satu pandemi terbesar yang pernah ada di dunia ini.

Jika Anda memikirkannya, para ilmuwan di masa kini  telah menyelamatkan  beberapa banyak nyawa.  Karena itu menurut saya Ilmuwan adalah pahlawan di masa kini. Inti dari segalanya adalah karena mereka adalah yang menciptakan vaksin buat menghadapi virus di pandemi ini.

Komentar